Kamis 23 Jul 2020 10:03 WIB

Pasar Tanah Abang Blok A Kembali Menggeliat

Pasar Tanah Abang Blok A sempat ditutup pada 1-3 Juli, dan dibuka lagi pada 4 Juli.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat, kembali bergeliat
Foto: Eva Rianti
Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat, kembali bergeliat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat, mulai tampak kembali bergeliat setelah dibuka lagi lebih dari dua minggu paska penutupan pada 1-3 Juli 2020 akibat adanya kasus positif Covid-19. Pasar yang merupakan salah satu grosir tekstil terbesar di Asia Tenggara tersebut tampak menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Berdasarkan pantauan Republika pada sekitar pukul 08.30 WIB, pintu sisi timur dan sisi barat digunakan sebagai akses untuk memasuki pasar. Sementara pintu sisi tengah dimanfaatkan khusus untuk pintu keluar. Dengan demikian, kepadatan orang menjadi bisa terantisipasi.

Sebelum masuk, pengunjung diminta untuk mengantre, lalu petugas menyemprotkan hand sanitizer kepada setiap pengunjung yang akan masuk. Selanjutnya, pengunjung akan menjalani pengecekan suhu tubuh dan dipastikan pengunjung yang boleh masuk harus bersuhu di bawah 38 derajat Celcius.

Pengunjung juga dipastikan mengenakan masker. Tampak sesekali petugas juga menanyakan keperluan pengunjung untuk diarahkan menuju area tujuan agar bisa mengefisiensikan waktu ketika berada di dalam pasar.

Di dalam pasar, sejumlah pedagang tampak sibuk menyiapkan dagangannya dan siap-siap melayani calon pembeli, namun sebagian lainnya tutup. Tampak aturan ganjil genap tidak diberlakukan.

Segelintir pengunjung terlihat berjalan melewati kios-kios di Pasar Tanah Abang nonpangan tersebut. Penerapan jaga jarak tampak diterapkan oleh masing-masing individu lantaran kondisinya cenderung masih sepi.

Untuk diketahui, Pasar Tanah Abang Blok A sempat tutup selama tiga bulan hingga 15 Juni 2020. Selang dua pekan, karena ditemukan kasus Covid-19, akhirnya pasar ditutup lagi pada 1-3 Juli. Mulai 4 Juli 2020 pasar kembali dibuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement