Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Jubir Satgas Covid: Pemerintah tak Tutupi Update Data Covid

Kamis 23 Jul 2020 09:26 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Pemerintah tak pernah berniat menyembunyikan informasi perkembangan data Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan, informasi perkembangan data terkini mengenai kasus Covid-19  di Indonesia dapat diakses secara langsung oleh publik melalui portal yang disediakan.

Meskipun informasi update Covid-19 tak diumumkan lagi seperti biasanya setelah gugus tugas dibubarkan dan berganti nama menjadi satuan tugas, namun menurutnya pemerintah tak pernah berniat menyembunyikan informasi perkembangan data Covid-19 ke publik.

"Tidak ada niat dan bukti menutupi data Covid-19 karena update data Covid-19 bisa diakses oleh publik dari portal," jelas Wiku saat dihubungi Republika, Kamis (23/7).

Wiku menyebut, masyarakat dapat mengakses data covid secara realtime melalui portal yang disediakan. Kendati demikian, saat dicek melalui portal covid pada Rabu (22/7) kemarin, update data Covid-19 baru diperbarui pada sore hari.

Terkait hal ini, Wiku mengatakan, diperlukan perbaikan sistem kerja agar data dapat terinput secara realtime di portal yang disediakan.

"Data untuk bisa realtime itu perlu perbaikan sistem kerja (business process) data manajemen di Kemkes sebelum dikirimkan datanya ke Gugus Tugas," jelas dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA