Kamis 23 Jul 2020 05:59 WIB

iPhone akan Perkenalkan Kamera Telefoto Periskop pada 2022

Kamera periskop memungkinkan pengguna untuk mengambil foto jauh dengan lebih baik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ponsel iPhone / Ilustrasi
Foto: Flickr
Ponsel iPhone / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Apple berencana untuk memperkenalkan kamera telefoto periskop ke dalam jajaran iPhone pada 2022. Hal itu berdasarkan  catatan penelitian oleh analis TF Securities Ming-chi Kuo, yang dilaporkan oleh 9to5Mac, AppleInsider dan MacRumors.

Semco, perusahaan Korea Selatan akan menyiapkan sekitar setengah dari pasokan optik periskop. Perusahaan itu juga berkontribusi pada autofokus untuk model iPhone baru tahun ini

Baca Juga

Kamera periskop memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jauh dengan lebih baik. Seperti yang dilansir dari The Verge, Kamis (23/7), kamera periskop menggunakan prisma dan cermin di sepanjang perangkat untuk memantulkan dan memfokuskan cahaya ke sensor, bukan menempatkan sensor langsung di belakang lensa seperti kamera konvensional.

Teknik ini sebagian besar telah dirintis dalam beberapa tahun terakhir oleh perusahaan-perusahaan China, seperti Oppo dan Huawei. Keduanya telah merilis ponsel dengan lenza “zoom” 5x dan Samsung bergabung tahun ini dengan Galaxy S20 Ultra.

Pada 2016, Apple iPhone 7 Plus adalah ponsel besar pertama yang menambahkan lensa telefoto 2x sekunder. Apple belum melampaui jangkauan zoom 2x.

Beberapa telepon telah menambahkan beberapa lensa telefoto non-periskop. Xiaomi Mi 10 Pro, misalnya, memiliki kamera konvensional dengan panjang fokus 2x dan 3.7x.

Jika Apple pindah ke desain periskop, maka kemungkinan akan memberikan jangkauan 5x atau lebih. Huawei P40 Pro Plus memiliki jangkauan optik tertinggi dari semua smartphone saat ini dengan lensa periskop 10x-nya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement