Rabu 22 Jul 2020 21:22 WIB

Lima Kasus Positif Covid-19 di Lampung dari Luar Kota

Lima kasus positif Covid-19 di isolasi di Rumah Sakit rujukan

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, Reihana.
Foto: Antara
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, Reihana.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Lampung sejak 18 Maret hingga 22 Juli 2020 sebanyak 237 orang. Pada Rabu (22/7), terdapat penambahan pasien positif sebanyak 5 kasus yang memiliki perjalanan luar kota.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana mengatakan, lima orang tambahan pasien terkonfirmasi positif tersebut tiga orang berasal dari Kota Bandar Lampung, satu orang dari Tulangbawang Barat, dan satu orang dari Tanggamus.

Baca Juga

“Terdapat lima kasus tambahan konfirmasi positif Covid-19 dan satu orang pasien positif yang sembuh,” kata dr Reihana, yang juga kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung dalam keterangan persnya di Bandar Lampung, Rabu (22/7).

Lima kasus tambahan tersebut, dia memaparkan yakni pasien 233 inisial S perempuan berusia 68 tahun, asal Kota Bandar Lampung. Pasien ini memiliki riwayat perjalanan dari Kota Palembang. Saat ini, pasien menjalani isolasi mandiri di Rumah Sakit (RS) swasta di Bandar Lampung.

Pasien 234 inisial DN perempuan 43 tahun dari Bandar Lampung. Pasien ini memiliki riwayat perjalanan dari Yogyakarta dan Jakarta. Saat ini pasien dirawat di RS pemerintah ke Provinsi Lampung.

Kemudian pasien 235 inisial M laki-laki berusia 47 tahun dari Bandar Lampung. Pasien tersebut memiliki perjalanan dari Yogyakarta dan Jakarta. Pasien sedang dirawat di RS pemerintah Bandar Lampung.

Selanjutnya pasien 235 inisial ES laki-laki berusia 49 tahun dari Kabupaten Tulangbawang Barat. Riwayat pasien pada 3 Juli 2020 tiba dari Jakarta bersama pasien (terkonfirmasi positif Covid-19) 221.  Saat ini, pasien diisolasi di RS daerah asalnya.

Lalu pasien 237 inisial NW laki-laki berusia 47 tahun dari Kabupaten Tanggamus. Pasien memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. Kondisi pasien tidak ada gejala atau orang tanpa gejala. Saat ini, pasien menjalani isolasi mandiri di RS Kabupaten Tanggamus.

Reihana mengatakan terdapat juga seorang pasien positif Covid-19 yang sembuh pada Rabu (22/7). Yakni, pasien 207 inisial P laki-laki berusia 43 tahun dari Kota Bandar Lampung. Jumlah pasien positif yang sembuh totalnya sebanyak 179 orang, dan meninggal dunia 12 orang.

Berdasarkan data yang disampaikan Diskes Provinsi Lampung, Rabu (22/7), jumlah orang dalam pemantauan (ODP) 3.764 orang, selesai dipantau 14 hari 3.685 orang, masih dipantau 69 orang, ODP meninggal dunia 10 orang.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) 199 orang (bertambah 1 orang dari sehari sebelumnya), pasien sudah sembuh dan pulang 158 orang (bertambah 2 orang), masih dirawat dan diisolasi mandiri di rumah sakit rujukan 5 orang, dan PDP meninggal dunia 36 orang.

Dari 15 kabupaten/kota di Lampung, terdapat lima zona hijau, satu zona hijau Kabupaten Mesuji tidak terdampak Covid-19, 4 zona hijau lainnya Tulangbawang Barat, Waykanan, Pesawaran, dan Tulangbawang. Sedangkan zona kuning ada 9 daerah yakni Lampung Utara, Lampung Barat, Tanggamus, Pringsewu, Bandar Lampung, Lampung Selatan, Metro, Lampung Timur, dan Lampung Tengah. Sementara zona oranye terdapat 1 daerah yakni Pesisir Barat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement