Rabu 22 Jul 2020 17:33 WIB

Xavi Bicara Soal Filosofi Johan Cryuff dan Barcelona

Baik Barcelona maupun timnas Spanyol mendapat manfaat dari filosofi Cryuff

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Xavi Hernandez
Foto: EPA/Andreu Dalmau
Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Mantan kapten Barcelona, Xavi Hernandez kembali mengulangi seruan kekagumannya pada Johan Cyuff. Nama kedua termasuk salah satu legenda hidup El Barca.

Xavi turut berpartisipasi dalam yayasan Cryuff. Ia merasa terhormat. Sosok yang juga melegenda di tim nasional Belanda dan Ajax Amsterdam, menurut Xavi, memengaruhi sejarah sepak bola. Secara khusus terhadap filosofi permainan El Barca.

"Dia memperkenalkan sistem yang sangat disiplin yang masih dipraktikkan hingga saat ini. Baik Barcelona maupun timnas Spanyol mendapat manfaat dari Filosofi Cryuff," ujar pelatih klub Qatar, Al-Sadd ini, dikutip dari Marca, Rabu (22/7).

Cryuff memperkenalkan gaya total football. Sebuah permainan menyerang secara konsisten dengan mengandalkan operan dekat satu dua sentuhan secara cepat. Menurut Xavi, Cryuff contoh yang bagus baik sebagai pelatih maupun pribadi.

Sudah jelas, ia mengidolakan tokoh yang tutup usia pada Maret 2016 itu. "Dia idola saya, tidak hanya di level sepakbola, tapi juga manusia," ujar mantan gelandang timnas Spanyol ini.

Pada intinya, dalam 20 hingga tahun terakhir, Blaugrana juga La Roja menuai kesuksesan. Filosofi Cryuff menjadi kartus as. Xavi paham. Saat masih aktif bermain, Ia adalah jendral lapangan tengah yang menjadi otak permainan sebuah sistem total football di Raksasa Katalan.

"Banyak pemain seperti saya dapat mengambil manfaat dari ini. Semua pesepakbola dan atlet pada umumnya, akan bangga menjadi bagian dari yayasan Cryuff," ujar pria yang meraih segalanya di Barcelona dan timnas Spanyol itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement