Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

MUI Minta Aparat Usut Pengunggah Meme Klepon tak Islami

Rabu 22 Jul 2020 15:35 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

MUI Minta Aparat Usut Pengunggah Meme Klepon tak Islami. Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Asrorun Niam Sholeh

MUI Minta Aparat Usut Pengunggah Meme Klepon tak Islami. Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Asrorun Niam Sholeh

Foto: dok. Kemenag.go.id
Pengguna media sosial mengolok agama Islam melalui meme Klepon tak Islami.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah unggahan foto dengan kata-kata atau meme berjudul 'Kue Klepon Tidak Islami' viral di media sosial. Pengguna media sosial ramai-ramai memparodikan dan bahkan mengolok-olok agama Islam melalui meme tersebut.

Menanggapi unggahan foto berjudul 'Kue Klepon Tidak Islami' ini, Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Asrorun Niam Sholeh meminta aparat penegak hukum mengusut tuntas pengunggah dan penyebar unggahan di media sosial tersebut. Karena secara nyata telah menyebabkan kegaduhan.

Baca Juga

"Termasuk elemen masyarakat yang menjadikan berita bohong itu sebagai bahan olok-olokan yang menimbulkan permusuhan, kegaduhan, dan kebencian atas dasar suku, agama, ras, dan antargolongan," kata KH Niam kepada Republika.co.id, Rabu (22/7).

Menurutnya, unggahan foto atau meme itu berpotensi melecehkan ajaran agama. Maka meminta kepada masyarakat tidak menyebarkan kabar hoaks tersebut.

KH Niam juga meminta masyarakat tidak terprovokasi dan terjebak pada komentar-komentar yang melecehkan ajaran agama atau membangun stigma buruk terhadap agama. Juga tidak terprovokasi dengan narasi kebencian dan olok-olok yang bertentangan dengan hukum dan etika.

"Meminta masyarakat tidak menjadikan meme tersebut sebagai bahan olok-olok yang bisa berdampak hukum," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA