Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Banyak Youtuber Pensiun, Edho Zell Sebut Kalah dengan Artis

Rabu 22 Jul 2020 14:28 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Edho Zell pemilik warteg gratis

Edho Zell pemilik warteg gratis

Banyak Youtuber Pensiun, Edho Zell Sebut Kalah dengan Artis

VIVA – Enggak sedikit Youtuber yang memutuskan untuk hengkang dari dunia yang membesarkan namanya. Sebut saja Reza Arap, Chandra Liow, Raditya Dika, serta kakak beradik Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez, yang memutuskan untuk vakum di tahun depan. 

Dalam podcast Deddy Corbuzier, berjudul Matinya Youtuber Lawan Artis, Edho Zell, menyebut jika ingin menjadi Youtuber di zaman sekarang, sudah sangat terlambat. Alasannya, menjadi Youtuber yang sukses di zaman sekarang sangatlah sulit, apalagi jika harus memulai dari nol. 

"Kalo jadi Youtuber sekarang, it's gonna be hard. Dari sistem, persaingan, konten," ujar Edho blak-blakan, dikutip VIVA, dari Youtube Deddy Corbuzier, Selasa 21 Juli 2020. 

Pria yang juga berkecimpung di dunia bisnis itu tidak menampik, kompetisi dengan artis-artis yang dadakan menjadi Youtuber, turut menjadi faktor utama, sulitnya Youtuber terdahulu 'mencari nafkah' di platform video itu. "Kompetisinya lebih berat dan mereka selain punya kapital, mereka sudah punya basic followers. Youtube kan pake AI (artificial intelligence), karena mereka sudah punya masa. Begitu masa Instagram mereka dimasukin ke Youtube, perkembangan subscriber-nya kan tinggi banget. Jadi, si Youtube ini menilai mana yang bagus karena subscriber-nya tinggi banget. Padahal, mereka gak mulai dari nol," lanjut dia. 

Baca Juga: Klepon Jadi Trending Disebut Kue Tidak Islami, Yuk Intip Resepnya

Edho lebih jauh menjelaskan, AI YouTube membaca, channel-channel milik artis yang semula hanya nol subscriber, tiba-tiba melonjak tajam. Sehingga YouTube menganggap kalau channel yang bersangkutan sangat bagus. Padahal, artis-artis ini memindahkan penonton di Instagram ke YouTube. 

Pria 34 tahun itu tidak menyalahkan artis yang berbondong-bondong pindah ke YouTube. Menurut dia, itu adalah hasil kerja keras mereka, sejak mereka berkarya di televisi. 

"Which is gak salah, mereka kan dari dulu sudah berkarya di TV, itu hasil kerja kerasnya mereka untuk dipindahkan ke YouTube. Makanya, kalau orang-orang biasa yang bukan siapa-siapa dan belum punya apa-apa, tiba-tiba mau jadi YouTuber pengen bersaing bersama artis-artis, saya cuma bisa bilang 'semangaaatt!" tutur Edho Zell.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA