Rabu 22 Jul 2020 06:26 WIB

Turki Hentikan Penindasan Siprus Yunani atas Siprus Turki

Siprus Yunani, kata Erdogan, harus mengakui kesetaraan politik atas Siprus Turki

Rep: Muhammet İkbal Arslan, Hamdi Celikbas/ Red: Elba Damhuri
Pos penjagaan Turki di perbatasan Siprus Utara.
Foto: Petros Karadjias/AP Photo
Pos penjagaan Turki di perbatasan Siprus Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, NICOSIA -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Senin mengenang operasi perdamaian Turki di Pulau Siprus yang ke-46 tahun. Erdogan menyerukan solusi yang "adil dan permanen" untuk persengketaan pulau tersebut.

"Sebuah solusi yang adil dan permanen di Siprus hanya mungkin dengan penerimaan status yang sama untuk Siprus Turki," kata Recep Tayyip Erdogan dalam sebuah pernyataan tertulis.

Siprus Yunani, kata Erdogan, harus mengakui kesetaraan politik atas Siprus Turki, dan hak mereka yang setara atas sumber daya alam pulau itu.

Setiap tahun pada 20 Juli Republik Turki Siprus Utara (TRNC) merayakan Hari Perdamaian dan Kebebasan untuk mengenang operasi --intervensi militer berskala besar-- untuk melindungi hak rakyat Siprus Turki dari kekerasan yang melanda pulau itu pada 1974.

Pulau itu telah dibagi menjadi dua bagian; pemerintah Siprus Turki di utara, dan pemerintahan Siprus Yunani di selatan sejak kudeta militer 1974 yang ingin dicaplok oleh Yunani.

Intervensi militer Turki menghentikan penganiayaan dan kekerasan selama bertahun-tahun terhadap rakyat Siprus Turki oleh Siprus Yunani yang ultra-nasionalis.

"Operasi ini telah menunjukkan kepada dunia bahwa Siprus Turki hak-hak dasar mereka telah dilanggar, mereka butuh bantuan karena kebebasan mereka terancam," lanjut dia.

"Warga Siprus Turki berjuang untuk kesetaraan selama lebih dari 50 tahun dan berjuang di tengah segala macam tekanan dan ancaman, dan perampasan atas hak dan kebebasan mereka."

Erdogan menambahkan Turki akan terus menjadi penjamin perdamaian, kesejahteraan, dan stabilitas mereka.

Intervensi militer Turki menghentikan penganiayaan dan kekerasan selama bertahun-tahun terhadap Siprus Turki oleh Siprus Yunani ultra-nasionalis.

 

Link: https://www.aa.com.tr/id/turki/erdogan-kenang-46-tahun-operasi-perdamaian-di-siprus-/1916953

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement