Rabu 22 Jul 2020 00:06 WIB

Satu Puskesmas di Jember Ditutup Sementara Akibat Covid-19

Seorang tenaga kesehatan di puskesmas Jember diketahui positif Covid-19

Red: Nur Aini
Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Satu puskesmas di Kabupaten Jember yakni Puskesmas Ajung ditutup sementara pada Selasa (21/7) karena ada satu tenaga kesehatan yang bekerja di tempat itu terkonfirmasi positif Covid-19.

"Seluruh tenaga kesehatan dan petugas Dinas Kesehatan yang bekerja di Puskesmas Ajung menjalani isolasi mandiri, kemudian mereka akan menjalani tes usap karena memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember Gatot Triyono di Jember, Selasa.

Baca Juga

Dia mengatakan tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Puskesmas Ajung merupakan kontak erat dengan kasus positif sebelumnya, sehingga seluruh tenaga kesehatan dan petugas di puskesmas setempat harus menjalani tes usap Covid-19.

"Berdasarkan 'tracing' yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Jember targetnya ada sekitar 100 orang yang akan dilakukan pemeriksaan tes usap baik seluruh tenaga kesehatan maupun keluarganya terkait dengan tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif corona," tuturnya.

Ia menjelaskan petugas melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan Puskesmas Ajung yang menjadi salah satu prosedur tetap yang harus dijalankan ketika ada pasien terkonfirmasi positif.

Camat Ajung Slamet Wijoko mengatakan penutupan pelayanan di Puskesmas Ajung sesuai dengan instruksi Dinas Kesehatan dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan.

"Seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas Ajung menjalani tes usap dan melakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasilnya, sehingga pihak kecamatan menyampaikan informasi penutupan pelayanan kesehatan itu kepada masyarakat," katanya.

Dia mengatakan penutupan tidak hanya Puskesmas Ajung, namun juga puskemas pembantu di wilayah setempat karena petugas kesehatannya juga berasal dari Puskesmas Ajung.

Berdasarkan data gugus tugas setempat, 14 tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit, puskesmas, dan klinik di Jember terkonfirmasi positif Covid-19. Namun, tujuh orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil tes usapnya negatif.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement