Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

85 Bayi di Texas Positif Covid-19

Selasa 21 Jul 2020 15:48 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda

Bayi yang baru lahir (ilustrasi). American Academy of Pediatrics merekomendasikan perawatan khusus untuk bayi baru lahir yang lahir dari ibu yang telah terkonfirmasi atau diduga Covid-19.

Bayi yang baru lahir (ilustrasi). American Academy of Pediatrics merekomendasikan perawatan khusus untuk bayi baru lahir yang lahir dari ibu yang telah terkonfirmasi atau diduga Covid-19.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bayi baru lahir harus dilindungi agar tak tertular Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Sebanyak 85 bayi di bawah usia satu tahun di satu daerah Texas. Amerika Serikat positif Covid-19. Jumlah itu dikonfirmasi saat taklimat pada Jumat (17/7) oleh Annette Rodriguez, direktur kesehatan masyarakat untuk Corpus Christi, yang berlokasi di Nueces County.

Baca Juga

Rodriguez tidak merinci kondisi bayi-bayi tersebut. Meskipun kasus yang melibatkan bayi baru lahir jarang terjadi, anak-anak di bawah usia satu tahun berisiko lebih tinggi menderita penyakit parah akibat Covid-19 karena sistem kekebalan tubuh yang belum matang dan saluran udara yang lebih kecil. Itu membuat mereka lebih mungkin mengembangkan masalah pernapasan dengan infeksi virus pernapasan.

"Bayi yang baru lahir dapat terinfeksi virus yang menyebabkan Covid-19 saat proses persalinan atau karena terpapar pengasuh yang sakit setelah kelahirannya," kata pusat medis Mayo Clinic, dilansir Fox News, Selasa (21/7).

American Academy of Pediatrics merekomendasikan perawatan khusus untuk bayi baru lahir yang lahir dari ibu yang telah terkonfirmasi atau diduga Covid-19. Langkah-langkah untuk melindungi bayi dapat termasuk memisahkan sementara ibu dan bayi baru lahir, memantau tanda-tanda infeksi, atau tes Covid-19 jika memungkinkan. Pengasuh bayi disarankan untuk memakai masker dan mencuci tangan.

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 2.100 anak yang dicurigai atau dikonfirmasi Covid-19 di China antara akhir Desember 2019 dan awal Februari 2020 menunjukkan bahwa insiden bayi sakit parah di bawah 11 persen, menurut Mayo Clinic. Tingkat penyakit parah atau kritis menurun hingga sekitar tujuh persen untuk anak-anak berusia antara 1 hingga 5 tahun.

Untuk anak-anak di atas usia 16 tahun, tingkat kepositifan turun menjadi tiga persen. Dari hampir 150 ribu kasus Covid-19 di AS antara 12 Februari dan 2 April, sekitar 2.500 atau 1,7 persen ada pada anak-anak, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Sementara itu, dokter di Prancis menerbitkan studi kasus awal bulan ini yang menyebutkan kemungkinan besar bayi yang baru lahir untuk terinfeksi virus corona sebelum dilahirkan. Texas telah menjadi hotspot utama virus corona dalam beberapa pekan terakhir, dengan rumah sakit di negara bagian itu hampir pada kapasitasnya karena peningkatan infeksi.

Texas saat ini memiliki lebih dari 335 ribu total Covid-19 kasus, yang sekarang menjadi jumlah negara bagian tertinggi keempat, menurut data dari Johns Hopkins University. Kematian juga meningkat dalam beberapa pekan terakhir, melampaui 4.000 pada akhir pekan.

Pada tanggal 31 Mei, total kematian mencapai 1.678, menurut data Departemen Layanan Kesehatan Negara Texas. Pada hari Ahad (19/7), Nueces County telah melaporkan lebih dari 8.579 total kasus virus corona dan 95 kematian akibat virus.

"Tetap jaga jarak sosial dari orang lain. Tetap terlindungi, pakai masker saat berada di depan umum. Dan untuk semua orang, mohon lakukan yang terbaik untuk tetap tinggal di rumah." kata Rodriguez.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA