Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

NASA Ucapkan Selamat Atas Misi UEA ke Mars

Selasa 21 Jul 2020 15:30 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini

Pesawat ruang angkasa Uni Emirat Arab lepas Landas dari Jepang dan memulai perjalanannya ke Mars, Senin (20/7) pagi.

Pesawat ruang angkasa Uni Emirat Arab lepas Landas dari Jepang dan memulai perjalanannya ke Mars, Senin (20/7) pagi.

Foto: Mitsubishi Heavy Industries
Uni Emirat Arab meluncurkan misi ke Mars dengan pesawat antariksa Hope Probe.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) mengucapkan selamat kepada Uni Emirat Arab (UEA) karena berhasil meluncurkan misi pertamanya ke Mars. Hal itu dinilai merupakan puncak dari kerja keras dan dedikasi luar biasa.

"Atas nama NASA, saya mengucapkan selamat kepada teman-teman kami di UEA atas peluncuran Emirates Mars Mission, Hope (Probe). Hari ini menandai puncak dari kerja keras, fokus, dan dedikasi yang luar biasa, serta awal perjalanan UEA ke Mars dengan tujuan akhir tempat tinggal manusia di Planet Merah. Misi ini ini dinamai tepat karena merupakan simbol inspirasi bagi UEA, kawasan, dan dunia," kata Administrator NASA Jim Bridenstine, dikutip laman Gulf Today, Selasa (21/7).

Dia mengaku takjub atas apa yang dilakukan Badan Antariksa UEA dan Mohammed bin Rashid Space Centre dalam waktu singkat. "Kami kagum dengan kecepatan dan komitmen UEA, melalui Mohammed bin Rashid Space Centre  dan Badan Antariksa UEA, telah menunjukkan dalam pengembangan pesawat antariksa antarplanet pertamanya," ujarnya.

Baca Juga

Pesawat antariksa yang diluncurkan UEA ke Mars bernama Hope Probe. Menurut Bridenstine dedikasi UEA untuk memajukan pemahaman dunia tentang Mars dengan membagikan secara terbuka ilmu pengetahuan serta data yang dihasilkan oleh Hope mewakili nilai-nilai persatuan, perdamaian, dan transparansi. Dia menilai hal itu akan sangat penting ketika umat manusia bergerak semakin jauh ke dalam tata surya.

"Kami senang universitas-universitas Amerika, termasuk University of Colorado di Boulder, Arizona State University, dan University of California, Berkeley, dapat membantu Anda (UEA) dalam misi ini. Kami juga dengan senang hati memfasilitasi Deep Space Network NASA untuk berkomunikasi dengan Hope," kata Bridenstine.

UEA berhasil meluncurkan Hope Probe dari Tanegashima Space Center di Jepang pada Senin (20/7). Itu menandai dimulainya misi antar-planet pertama di dunia Arab. Sementara di kancah dunia, Hope Probe merupakan satu dari tiga misi internasional ke Mars musim panas ini. Dua misi lainnya akan dilakukan oleh China dan AS.

Menurut Menteri Ilmu Pengetahuan Tinggi UEA Sarah Amiri Emirates Mars Mission menghabiskan dana 200 juta dolar AS. Misi Hope Probe adalah memberikan gambaran lengkap atmoster Mars untuk pertama kalinya, termasuk perubahan musim. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA