Tuesday, 7 Syawwal 1445 / 16 April 2024

Tuesday, 7 Syawwal 1445 / 16 April 2024

Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan TNI AU

Senin 20 Jul 2020 17:17 WIB

Red: Gita Amanda

Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi, menerima kunjungan Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Kantor Pusat Bea Cukai, Senin (20/7).

Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi, menerima kunjungan Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Kantor Pusat Bea Cukai, Senin (20/7).

Foto: Bea Cukai
Sinergi antarkedua instansi akan terus dilakukan dan dikembangkan di berbagai bidang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi, menerima kunjungan Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Kantor Pusat Bea Cukai, Senin (20/7). Kunjungan tersebut merupakan langkah penguatan sinergi antara TNI AU dan Bea Cukai serta peningkatan kerja sama di berbagai bidang.

Heru menyatakan kerja sama antara TNI AU dan Bea Cukai terus berjalan secara kontinyu dan akan mencakup bidang kerja sama yang lebih luas di masa yang akan datang. Beberapa kerja sama yang telah dilakukan Bea Cukai antara lain koordinasi di bidang penegakan hukum, penanganan bencana, dan pelaksanaan diklat kesamaptaan yang merupakan diklat wajib bagi pegawai Bea Cukai dengan pelatihan dari TNI AU di Yogyakarta dan Malang, serta pelatihan menembak dan keterampilan penggunaan senjata api.

Baca Juga

Heru mengungkapkan sinergi yang telah berjalan baik ini harus terus dikembangkan ke depannya. “Penegakan hukum yang telah dilakukan merupakan suatu prestasi yang patut dibanggakan, akan tetapi kita harus selalu waspada dengan perkembangan modus operandi yang akan datang. Untuk menghadapi hal tersebut, dibutuhkan sinergi yang erat antara instansi pemerintah,” ujar Heru.

Heru menyatakan ke depannya sinergi antarkedua instansi ini akan terus dilakukan dan dikembangkan di berbagai bidang. “Kami akan meningkatkan sinergi di bidang pengawasan dengan bantuan teknologi milik TNI AU, melakukan patroli bersama melalui skema kolaborasi platform penginderaan jauh di daerah rawan penyelundupan, melakukan pengawasan bersama di bidang cukai, memberikan asistensi dan capacity building untuk pegawai Bea Cukai, serta kerja sama bantuan akses landasan udara TNI AU untuk pemeriksaan kepabeanan,” ungkap Heru dalam siaran persnya.

Untuk dapat meningkatkan pengawasan tentunya diperlukan peralatan yang memadai yang sebagian masih perlu diimpor dari luar negeri. Oleh karena itu, Bea Cukai juga telah menyediakan fasilitas fiskal berupa pembebasan atas impor barang bagi keperluan pertahanan dan keamanan. Pada kesempatan yang sama, Heru menyatakan terima kasih kepada TNI AU yang terus mendukung kegiatan penegakan hukum yang dilakukan oleh Bea Cukai.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler