Senin 20 Jul 2020 15:55 WIB

Monumen Soekarno di Aljazair untuk Inspirasi Kemerdekaan

Aljazair dan Indonesia mendukung prinsip perdamaian.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Tampak monumen mendiang Presiden Soekarno di kota Aljir, Aljazair
Foto: istimewa
Tampak monumen mendiang Presiden Soekarno di kota Aljir, Aljazair

REPUBLIKA.CO.ID, ALGER -- Pada Sabtu (18/7) lalu, monumen Soekarno diresmikan di Alger, Aljazair sebagai bukti  persahabatan Indonesia dan Aljazair yang telah terjalin sejak dulu. Monumen Soekarno melambangkan rasa syukur dari masyarakat Aljazair untuk Presiden Soekarno yang telah menginspirasi kemerdekaan negara tersebut secara internasional kepada seluruh dunia untuk mendeklarasikan kemerdekaan pada Konferensi Asia Afrika di Bandung.

Duta Besar Indonesia untuk Aljazair, Safira Machrusah dalam keterangan tertulis KBRI Alger, Senin (20/7) mengatakan bagi Indonesia, Monumen Soekarno adalah bentuk apresiasi yang tulus dari Indonesia kepada Aljazair sebagai negara sahabat yang terus menyuarakan dan mendukung prinsip perdamaian dan kemakmuran dunia berdasarkan kesetaraan hak dan kemerdekaan.

Baca Juga

"Monumen Soekarno akan menjadi pengingat bagi rakyat Aljazair dan Indonesia, terutama generasi muda, untuk menjaga prinsip-prinsip patriotisme, persatuan, perjuangan kemerdekaan, perdamaian, dan kemakmuran dunia," ujarnya.

Peresmian Monumen Soekarno juga dihadiri secara virtual oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani yang juga merupakan cucu dari Presiden Soekarno. Dia mengaku masih mengingat salah satu pesan Presiden Soekarno bahwa sebuah negara tidak boleh melupakan sejarahnya. Sejarah harus selalu diingat sebagai bagian dari fondasi untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Monumen Soekarno berbentuk seperti bulan sabit dengan lima pilar bintang di setiap pojoknya, melambangkan bentuk bulan dan sabit dari bendera Aljazair. Pada setiap pilar kecilnya, terpasang teks Dasasila Bandung atau sepuluh prinsip yang diadopsi pada saat Konferensi Asia – Afrika tahun 1955 sebagai deklarasi bersama negara Asia dan Afrika untuk menyuarakan kemerdekaan, kesetaraan, dan perdamaian dunia.

Monumen Soekarno didesain oleh Ridwan Kamil, arsitek terkemuka yang juga adalah Gubernur Provinsi Jawa Barat, sedangkan pengerjaannya oleh Dolorosa Sinaga, seniman pematung kontemporer dari Indonesia. Monumen itu dapat berdiri di Aljazair juga tidak terlepas dari peran serta dua BUMN Indonesia yang telah aktif di Aljazair saat ini, PT Pertamina dan PT Wijaya Karya (WIKA).

Monumen Soekarno itu diharapkan dapat menjadi sejarah monumental yang dapat membangun dasar kepercayaan yang kuat untuk membangun dialog politik, ekonomi dan budaya serta kepentingan lainnya baik secara bilateral maupun multilateral, khususnya antara Indonesia dan Aljazair.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement