Senin 20 Jul 2020 15:28 WIB

Kandang Direnovasi, Produksi Susu Sapi Peternak Meningkat

Program Renovasi Kandang dapat terus berlanjut dan membantu lebih banyak peternak.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Fuji Pratiwi
Kandang sapi (ilustrasi). Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang mengapresiasi Program Renovasi Kandang yang dilakukan PT Frisian Flag Indonesia (FFI).
Foto: AFP
Kandang sapi (ilustrasi). Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang mengapresiasi Program Renovasi Kandang yang dilakukan PT Frisian Flag Indonesia (FFI).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Frisian Flag Indonesia (FFI) menjalankan program renovasi kandang bagi para peternak sapi perah di Lembang dan Pangalengan, Jawa Barat. Program ini digelar untuk membantu para peternak mitra FFI agar memiliki kandang ideal yang lebih nyaman dan higienis bagi sapi perah ternaknya agar dapat meningkatkan produktivitas susu sapi.

Ketua Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang sekaligus Ketua Gabungan Koperasi Seluruh Indonesia (GKSI) Dedi Setiadi mengatakan, Program Renovasi Kandang memberikan manfaat nyata dalam upaya peningkatan produksi susu sapi. Rata-rata peningkatan antara satu sampai dua liter per ekor per hari. 

Baca Juga

Dedi mengatakan, dengan jumlah pakan yang sama, peningkatan hasil produksi susu sapi yang dialami peternak dengan perbaikan kandang terbilang sangat menggembirakan. "Ini membuktikan kandang sapi perah yang dibangun dengan baik sesuai standar praktik ternak sapi perah yang baik (good dairy farming practice /GDFP) mampu meningkatkan produksi," ujar Dedi dalam siaran persnya, Senin (20/7).

Dedi berharap, sebagai mitra yang juga turun memonitor perkembangan secara langsung, ke depannya Program Renovasi Kandang dapat terus berlanjut dan membantu lebih banyak peternak sapi perah. Agar, para peternak memiliki kandang ternak yang lebih baik sesuai standar. Ia juga berharap, para peternak sapi perah dan koperasi bisa terus melanjutkan program renovasi secara mandiri dengan mencontoh kandang-kandang yang sudah diperbaiki. 

"Dengan demikian sapi perah ternak memiliki lingkungan yang lebih nyaman, lebih sehat, berusia panjang dan berproduksi lebih baik," kata Dedi.

Salah satu anggota peternak dari Koperasi KPSBU Lembang peserta Program Renovasi Kandang dari FFI, Alit Ruhiyat, mengakui program ini memberikan perubahan yang signifikan terhadap peternakan dan usaha susu sapi perah miliknya. "Saya merasakan beban pekerjaan berkurang menjadi lebih ringan dan merawat sapi perah juga lebih mudah dibandingkan sebelumnya," kata Alit.

Dari beberapa bagian yang direnovasi, kata Alit, yang paling dirasa manfaatnya adalah perbaikan atap. Karena, kini atap kandang sapi miliknya lebih tinggi menghasilkan sirkulasi udara yang lebih baik dan membuat sapi-sapi perah ternaknya lebih nyaman dan sehat.

Peternak lainnya, Dadang Sadikin dari KPSBU Lembang juga merasakan hal yang sama. Menurutnya, perbanikan kandang selain mempermudah pekerjaan operasional harian, ia juga merasakan peningkatan produksi susu sapi sebanyak satu sampai dua liter per hari dengan jumlah pakan yang sama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement