Ahad 19 Jul 2020 23:51 WIB

Bournemouth di Ambang Degradasi Usai Kalah dari Southampton

Bournemouth di ambang degradasi dari Liga Primer Inggris.

Pemain Bournemouth (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/Michael Steele
Pemain Bournemouth (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nasib Bournemouth untuk bertahan di Liga Inggris berada diunjung tanduk setelah dikalahkan oleh tamunya Southampton dengan skor 0-2, dalam laga pekan ke-37 di Stadion Vitality, Ahad (19/7) waktu setempat. Bournemouth saat ini berada di urutan ke-19 klasemen sementara.

Nasib tim besutan Eddie Howe kini ditentukan oleh tim peringkat ke-17, Watford (34), yang baru main pada Selasa (21/7) waktu setempat menjamu Manchester City. Jika Watford meraih satu poin saja, maka Bournemouth dipastikan terdegradasi.

Baca Juga

Sedangkan bagi Southampton kemenangan itu membuat mereka sementara naik ke urutan ke-11 dengan koleksi 49 poin, menggusur Everton (46) yang baru main besok.

Beban wajib menang membuat Bournemouth berusaha membongkar pertahanan tamunya ketika memasuki pertandingan, sayang Callum Wilson tak bisa melepaskan diri dari kawalan dan gagal menjangkau bola umpan silang di muka gawang. Sejumlah serangan yang mereka bangun tak kunjung menemukan titik terang dan sialnya Bournemouth justru kebobolan lebih dulu akibat gol Danny Ings, yang membawa Southampton memimpin pada menit ke-41.

Berawal dari umpan pendek Nathan Redmond, Ings melakukan tusukan sebelum melepaskan tembakan keras ke pojok kanan bawah gawang tak terjangkau kiper Aaron Ramsdale. Keunggulan Southampton hampir berganda dua menit memasuki babak kedua, tetapi tembakan melengkung Shane Long masih melayang tipis di sisi kanan gawang.

Pada menit ke-55, giliran James Ward-Prowse melepaskan tembakan keras yang masih bisa ditepis oleh Ramsdale. Southampton memperoleh peluang emas untuk menggandakan keunggulan lewat titik putih, tetapi eksekusi penalti Ings masih terlalu lemah dan mudah dibaca olah Ramsdale.

Pada menit ke-66, Harry Wilson hampir menyamakan kedudukan untuk Bournemouth lewat tembakan melengkung yang mengarah tepat ke pojok tiang jauh, tetapi kiper Alex McCarthy masih bisa menghentikannya.

McCarthy kembali melakukan serangkaian penyelamatan menghalau sepak pojok dan menggagalkan tembakan datar jarak dekat Dominic Solanke demi menjaga keunggulan Southampton. Di sisi gawang berbeda, Ramsdale juga melakukan aksi sergapan untuk mencegah keunggulan Southampton berganda kala ia menepis tembakan Redmond pada menit ke-83.

 

Tiga menit berselang Jannik Vestergaard melakukan sapuan untuk mencegah tembakan Solanke yang sudah tampak mengarah lurus ke gawang. Pada menit keempat injury time, para pemain Bournemouth bersorak ketika Sam Surridge menceploskan bola ke gawang tamunya, tetapi gol itu dianulir karena offside setelah wasit Craig Pawson meninjau tayangan ulang VAR.

 

Bak menggarami luka Bournemouth, Che Adams mencetak gol kedua Southampton empat menit kemudian dengan memanfaatkan umpan Michael Obafemi demi memastikan tim tamu menang 2-0. Dalam laga pemungkas yang berlangsung serempak pada Minggu (26/7), Bournemouth akan bertandang ke markas Everton sedangkan Southampton menjamu Sheffield United di St. Mary's.

 

Susunan pemain:

 

Bournemouth (4-4-2): Aaron Ramsdale; Jack Stacey, Steve Cook, Lloyd Kelly, Diego Rico; David Brooks (Harry Wilson), Jefferson Lerma (Sam Surridge), Philip Billing (Dan Gosling), Junior Stanislas (Dominic Solanke); Callum Wilson, Joshua King (Lewis Cook)

Pelatih: Eddie Howe

 

Southampton (4-4-2): Alex McCarthy; Kyle Walker-Peters, Jack Stephens, Jannik Vestergaard, Ryan Bertrand; Stuart Armstrong, James Ward-Prowse, Oriol Romeu (Pierre Emile Hojbjerg), Nathan Redmond; Shane Long (Che Adams), Danny Ings (Michael Obafemi)

Pelatih: Ralph Hassenhuetl

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement