Ahad 19 Jul 2020 15:35 WIB

Rekomendasi Film yang Berkisah tentang Dunia Bisnis

Ada yang mengulas dinamika usaha, juga mengeksplorasi sisi perdagangan dan karier.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Barbershop yang berkisah tentang bisnis pangkas rambut di Chicago, Amerika Serikat.
Foto: MGM Distribution Co.
Salah satu adegan di film Barbershop yang berkisah tentang bisnis pangkas rambut di Chicago, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Ada banyak film mengesankan tentang dunia bisnis. Sebagian mengulas dinamika dunia usaha, sebagian lainnya mengeksplorasi aspek perdagangan dan karier.

Berikut sejumlah judul film berkisah tentang bisnis yang bisa menjadi rekomendasi untuk ditonton seperti dilansir di laman Biz Journals, belum lama ini:

1. Glengarry Glen Ross

Sinema klasik rilisan 1992 ini bercerita tentang pelatih perusahaan yang datang untuk memotivasi tim penjual real estate. Sinema yang dibintangi Alec Baldwin, Al Pacino, Jack Lemmon, dan Alan Arkin ini mengemas ego dan tekanan di dunia bisnis.

2. Philadelphia

Bahasan utama dalam sinema klasik 1993 ini adalah diskriminasi di dunia bisnis. Aktor Tom Hanks dan Denzel Washington membintangi film bersama. Hanks memerankan pria yang dipecat dari firma hukum Philadelphia karena mengidap AIDS.

3. It's a Wonderful Life

Karya sutradara Frank Capra yang tayang pada 1946 ini lebih dikenal sebagai film Natal, tetapi sebenarnya banyak memuat pemahaman soal bisnis, utamanya industri real estate. Ada kisah tentang pengorbanan dan berbagi dengan sesama.

4. Up in the Air

Aktor kawakan George Clooney memang paling bisa membuat film tentang sumber daya manusia menjadi memikat. Bersama Anna Kendrick dan Vera Farmiga, Clooney membintangi film drama komedi tentang pimpinan perusahaan yang mencari solusi dari opsi PHK.

5. Barbershop

Sinema drama komedi 2002 ini bercerita tentang kehidupan sosial tempat usaha pangkas rambut di selatan Chicago, Amerika Serikat, yang hampir ditutup. Barbershop punya elemen humor kuat, berpadu dengan cerita mendalam yang ditulis dengan baik.

6. Risky Business

Ada banyak pelajaran soal bisnis dalam film rilisan 1983 ini. Selain skenarionya digarap dengan baik, sinema sangat menarik hati karena menampilkan Tom Cruise muda sebagai Joel Goodson, remaja yang mengubah rumahnya jadi bengkel kerja.

7. Steel Magnolias

Membangun bisnis memang penting, tapi hanya sedikit usaha yang bisa membanggakan bagi masyarakat di sekitarnya. Sinema dengan cerita kuat ini mengusung muatan tersebut, tentang bagaimana seorang pebisnis membangun hubungan dengan komunitasnya.

8. Trading Places

Komedi klasik ini menyajikan eksperimen tentang kesuksesan. Dua sosok kaya mendalangi percobaan sosiologis yang berusaha mengungkap apakah seseorang bisa mencapai kesuksesan karena lingkungan, atau memang dilahirkan dengan gen sukses.

9. Big Business

Sinema arahan sutradara Jim Abrahams ini sama sekali tidak berat. Ada berbagai lelucon identitas soal gender, dibintangi komedian jenius Lily Tomlin serta slapstick penuh energi dari aktris Bette Midler yang memberikan efek menyenangkan.

10. The Social Network

Para kritikus menganggap film ini sangat melebih-lebihkan kisah perjuangan Mark Zuckerberg membangun Facebook. Akan tetapi, film biografi ini juga bagus dan relevan disimak, dipuji karena penyutradaraan, akting, serta penyuntingannya.

11. The Big Short

Drama komedi 2015 arahan sutradara Adam McKay ini patut dipuji karena membuat pasar obligasi yang kompleks bisa dipahami, bahkan menghibur. Film melibatkan para pemeran hebat seperti Christian Bale, Steve Carell, Ryan Gosling, dan Brad Pitt.

12. American Psycho

Sinema rilisan 2000 ini adalah adaptasi dari novel berjudul sama karya Bret Easton Ellis terbitan 1991. Christian Bale berperan sebagai Patrick Bateman, psikopat yang punya hobi membunuh, tapi pada siang hari bekerja sebagai bankir investasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement