Ahad 19 Jul 2020 13:31 WIB

4 Manfaat dan Aturan Meminum Air Lemon

Asam sitrat dalam sari lemon dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Manfaat air lemon untuk tubuh.
Foto: Republika.co.id
Manfaat air lemon untuk tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Campuran sari lemon dan air putih dapat menjadi alternatif minuman bersoda yang lebih sehat. Selain menyegarkan, air lemon juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Setidaknya ada empat manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari air lemon. Berikut ini adalah keempat manfaat tersebut seperti dilansir di Insider, Ahad (19/7):

1. Memberikan asupan vitamin C

Sari satu buah lemon mengandung sekitar 30 miligram vitamin C. Kandungan ini setara dengan sekitar 30 persen dari total kebutuhan harian vitamin C untuk laki-laki dewasa dan sekitar 40 persen dari total kebutuhan harian vitamin C untuk perempuan dewasa.

Vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dengan beberapa cara. Salah satunya membantu tubuh untuk membuat kolagen yang bermanfaat, seperti dalam penyembuhan luka. Konsumsi vitamin C juga dapat membantu meringankan gejala-gejala pilek. Selain itu, vitamin C juga diketahui dapat memperbaiki penyerapan zat besi.

"Saya sering merekomendasikan air lemon saat makan untuk meningkatkan penyerapan zat besi, khususnya pada atlet dan individu dengan anemia," ujar ahli gizi Amy Stephens MS RDN CDE.

2. Membantu penurunan berat badan

Bagi orang-orang yang hobi meminum soda, es teh atau jus yang bergula, air lemon juga dapat menjadi alternatif minuman segar rendah kalori. Mengganti minuman bergula dengan air lemon dapat memangkas asupan kalori sehingga dapat membantu proses penurunan berat badan.

3. Mencegah batu ginjal

Asam sitrat pada sari lemon juga dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal. Garam sitrat dalam asam membantu mekanisme pencegahan dengan cara mengikat ke kalsium di urin.

Menurut studi pada 2014 yang dilakukan oleh Case Western Reserve University School of Medicine, konsumsi empat lemon per hari yang dilarutkan dengan dua liter air dapat meningkatkan kadar sitrat urin secara signifikan. Peningkatan kadar sitrat yang lebih tinggi ini dapat mencegah pembentukan batu ginjal, atua menghentikan batu ginjal untuk menjadi lebih besar dan menyebabkan sakit yang lebih besar.

4. Menyegarkan napas

Asam sitrat dalam sari lemon juga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Akan tetapi, terlalu banyak asam sitrat juga dapat menyebabkan bau mulut karena memicu terjadinya gastroesophageal reflux disorder (GERD). GERD dapat menyebabkan asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan lalu ke mulut, kemudian menyebabkan bau mulut.

Lantas, bagaimana cara mengonsumsi air lemon yang tepat agar hasil yang diperoleh maksimal? Stephens menyarankan untuk mengonsumsi sari dari dua hingga tiga buah lemon atau sekitar empat hingga enam sendok makan per hari. Sari lemon ini dapat dicampurkan dengan air putih yang diminum ketika makan atau di antara jam makan. Stephens merekomendasikan satu atau dua gelas air lemon bersamaan dengan jam makan, serta satu gelas di antara jam makan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement