Ahad 19 Jul 2020 12:46 WIB

Kru Film Hujan Bulan Juni Sampaikan Duka untuk Sapardi

Aktris Velove Vexia mengunggah foto dan kutipan puisi almarhum Sapardi.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Adipati Dolken, Velove Vexia, Sapardi Djoko Damono, dan Koutaro Kakimoto.(dari kiri ke kanan).
Foto: Instagram/@hestu_saputra.
Adipati Dolken, Velove Vexia, Sapardi Djoko Damono, dan Koutaro Kakimoto.(dari kiri ke kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sastrawan Sapardi Djoko Damono meninggal dunia pada Ahad (19/7). Sejumlah tokoh publik mengunggah ucapan duka atas kepergian penyair tersebut di berbagai media sosial, termasuk pemain dan kru film Hujan Bulan Juni.

Salah satunya yaitu aktris Velove Vexia. Velove merupakan pemeran Pingkan dalam film Hujan Bulan Juni yang diadaptasi dari karya sastra almarhum Sapardi.

Dalam fitur Insta Story di Instagram, Velove mengunggah foto sang penyair berwarna hitam putih dan mengutip salah satu puisi fenomenal dari Sapardi yang berjudul "Pada Suatu Hari Nanti".

"Pada suatu hari nanti jasadku tak akan ada lagi tapi dalam bait-bait sajak ini

kau takkan kurelakan sendiri," tulis Velove.

Puisi yang terdiri atas tiga bait puisi itu memberikan pesan tersendiri pada kata-kata yang dipilih Sapardi. Di sana, Sapardi seperti memberikan pesan jika kelak dia meninggal dunia, maka sajak-sajaknya masih akan terus abadi.

Selain Velove, sutradara film Hujan Bulan Juni, Hestu Saputra juga memberikan ungkapan dukacita atas kepergian sang pujangga. Dalam akun Instagram-nya @hestu_saputra, dia mengunggah sebuah rekaman pembacaan puisi oleh Sapardi.

"Ndherekaken Bapak Kondhor kaliyan Gusti ingkang Moho Kuoso. Innalillahi wainna ilaihi rajiun," tulis dia pada keterangan foto.

Hestu juga mengunggah foto bersama para pemain film Hujan Bulan Juni pada unggahan berikutnya. Dalam foto itu terdapat Adipati Dolken, Velove Vexia, Sapardi Djoko Damono, dan Koutaro Kakimoto.

Dia juga sempat mengunggah sebuah foto Sapardi berwarna hitam putih. Di sana dia memberikan keterangan berupa puisi untuk Sapardi.

Film Hujan Bulan Juni menceritakan tentang konflik romansa antara Pingkan dan Sarwono yang masing-masing diperankan oleh Velove Vexia dan Adipati Dolken. Film drama besutan Sinema Imaji dan Starvision yang tayang pada 2017 itu diadaptasi dari novel berjudul sama karya sastrawan Sapardi Djoko Damono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement