Sabtu 18 Jul 2020 16:49 WIB

Ini Saran Wenger Terkait Kebijakan Transfer Arsenal

Wenger memberi contoh bagaimana Liverpool begitu efektif saat mendatangkan pemain.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger.
Foto: EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA
Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, menilai, harus ada perubahan dalam kebijakan perekrutan pemain di Arsenal. Menurut pelatih yang sempat menukangi the Gunners selama 22 tahun itu, saat ini the Gunners membutuhkan kehadiran pemain bintang guna melengkapi kemampuan taktik dan racikan strategi pelatih Mikel Arteta.

Tidak hanya itu, Arsenal juga harus bisa mendatangkan pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim untuk bisa bersaing di level teratas sepak bola Inggris dan Eropa. Kehadiran pelatih yang piawai meracik taktik dan strategi permainan, lanjut Wenger, tidak akan berarti apa-apa apabila manajemen the Gunners tidak merekrut pemain yang tepat.

Wenger pun memberi contoh bagaimana Liverpool mampu begitu efektif dalam mendatangkan pemain di bursa transfer dalam beberapa tahun terakhir.

''Anda tetap membutuhkan pemain yang bagus dan berkualitas. Kita berbicara soal Liverpool dan kesuksesan yang mereka raih. Mereka, tentu saja, memiliki pelatih yang luar biasa, tapi harus dikatakan mereka juga mendatangkan pemain yang tepat dan sesuai kebutuhan tim dalam tiga atau empat tahun terakhir,'' ujar Wenger kepada L'Equippe, Sabtu (18/7).

Wenger pun menyebut, saat meninggalkan Arsenal pada 2018 silam, keuangan klub berada dalam kondisi yang bagus. Namun, kondisi keuangan klub secara perlahan memburuk. Salah satu hal yang membebani keuangan klub adalah dengan mendatangkan pemain-pemain dengan nilai transfer tinggi dan gaji selangit.

''Saat saya meninggalkan klub, mereka dalam kondisi keuangan yang solid dan mapan. Sejak saat itu, mereka merekrut pemain, tapi tidak ada yang memberikan dampak langsung ke permainan. Ini bukan masalah waktu. Perubahan bisa dilakukan dengan cepat dan efektif. Ini soal mengambil keputusan yang tepat. Bisa dibilang, sepak bola hanya soal mengambil keputusan yang tepat,'' jelas Wenger.

Sayangnya, Wenger sepertinya tidak melihat perubahan tersebut dalam waktu dekat. Dalam beberapa kesempatan, pelatih Arsenal, Mikel Arteta, menyiratkan, the Gunners kemungkinan besar tidak akan mengeluarkan dana besar untuk bisa memperkuat tim dengan mendatangkan pemain bintang pada bursa transfer musim panas mendatang.

Hal ini tidak terlepas dari kemampuan keuangan klub. Terlebih, pandemi Covid-19 juga memberikan dampak negatif terhadap keuangan klub.

''Ada banyak faktor, mulai dari kondisi finansial klub hingga posisi kami pada akhir musim ini. Apakah kami akan tampil di Eropa atau tidak. Karena itu, saya tidak tahu apa yang akan kami lakukan,'' kata Arteta seperti dilansir Sky Sports, beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement