Sabtu 18 Jul 2020 13:18 WIB

Ucapan Selamat Mengalir Buat Leeds United

Leeds dipastikan raih satu tiket promosi langsung ke Liga Primer Inggris musim depan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Indira Rezkisari
Leeds United
Foto: Leedsunited.com
Leeds United

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Penyerang Manchester United, Marcus Rashford, hingga bek sayap Real Madrid, Benjamin Mendy, mengucapkan selamat atas keberhasilan Leeds United promosi langsung ke Liga Primer Inggris musim depan. Bahkan, kehadiran tim besutan Marcelo Bielsa di Liga Primer Inggris musim depan dinilai semakin memanaskan persaingan di level teratas kompetisi sepak bola Inggris tersebut.

Leeds dipastikan memegang satu tiket promosi langsung ke Liga Primer Inggris musim depan setelah peringkat kedua klasemen sementara, West Bromwich Albion, dibekap Huddersfield, 1-2, pada pekan ke-45 Divisi Championship, Sabtu (18/7) dini hari WIB. Hasil ini membuat Leeds unggul lima poin di puncak klasemen sementara Divisi Championship dengan koleksi 87 poin dari 44 laga.

Baca Juga

Dengan Divisi Championship tinggal menyisakan dua partai lagi, raihan poin The Whites tidak akan mampu dikejar oleh peringkat ketiga, Brentford, yang mengantongi selisih enam poin. Bahkan, Leeds United hanya membutuhkan satu poin tambahan di dua laga akhir Divisi Championship untuk bisa memastikan raihan gelar juara kasta kedua kompetisi sepak bola Inggris tersebut.

Keberhasilan Leeds United memastikan promosi ke Liga Primer Inggris ini pun disambut ucapan selamat dari sejumlah penggawa klub-klub kontestan Liga Primer Inggris. Penyerang Manchester United, Marcus Rashford, dalam akun media sosialnya, menyebut keberhasilan Leeds United promosi ke Liga Primer Inggris bisa kembali memanaskan persaingan di pentas Liga Primer Inggris.

Secara tradisional, Leeds United memang dianggap sebagai salah satu rival Manchester United dan Liverpool dalam perebutan gelar Liga Inggris, terutama pada dekade 60an. ''Sebagai pemain sekaligus fan United, saya senang melihat Leeds kembali ke Liga Primer Inggris. Selamat untuk mereka,'' tulis Rashford di akun Twitter miliknya seperti dilansir Reuters, Sabtu (18/7).

Sementara bek sayap Manchester City, Benjamin Mendy, sudah tidak sabar untuk menghadapi Leeds United, yang dibesut oleh pelatih kawakan asal Argentina, Marcelo Bielsa. ''Selamat untuk Marcelo (Bielsa) dan para penggawa Leeds. Sampai jumpa musim depan,'' tulis Mendy di akun media sosialnya.

Ucapan selamat pun tentu juga datang dari para pemain-pemain yang pernah memperkuat Leeds United. Gelandang Liverpool, James Milner, yang mengawali karier profesionalnya di The Whites menyebut, klub bermarkas di Stadion Elland Road tersebut sudah selayaknya berada di level tertinggi kompetisi sepak bola Inggris. Pun dengan ucapan selamat dari mantan kapten Leeds United, Lucas Radebe.

Bek tengah Leeds United dari 1994 hingga 2005 itu menyebut, keberhasilan tampil di Liga Primer Inggris ini tidak terlepas dari dukungan setia para supporter The Whites. ''Benar-benar waktu yang lama. Supporter Leeds adalah supporter yang spesial. Mereka tidak akan pernah meninggalkan tim, termasuk saat tampil di Championshiop. Mereka memainkan peranan penting dalam keberhasilan ini,'' kata Radebe seperti dilansir BBC.

Penggemar United memang harus menunggu selama 16 tahun untuk bisa melihat timnya kembali berkiprah di Liga Primer Inggris. Musim 2003/2004 menjadi musim terakhir Leeds United tampil di Liga Primer Inggris. Bahkan, Leeds United sempat terdegradasi ke divisi ketiga, League One, lantaran mengalami krisis finansial. Namun, secara perlahan, Leeds United kembali bangkit dan akhirnya sukses menjadi tim promosi Liga Primer Inggris musim depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement