Sabtu 18 Jul 2020 12:11 WIB

Mahasiswa KKNT IPB Bantu Petani dan Peternak di Bengkayang

Fokus KKNT adalah “Penanggulangan Masa Covid-19 dan Pasca Covid-19”.

Sebanyak 14 mahasiswa IPB University melakukan KKN Tematik (KKNT) di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.
Foto: Dok IPB University
Sebanyak 14 mahasiswa IPB University melakukan KKN Tematik (KKNT) di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKAYANG -- Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat menerima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) IPB University. Menurut Dr Siti Sa’adiah selaku dosen pembimbing dari kegiatan ini, mahasiswa IPB University berharap  mendapat masukan-masukan yang bermanfaat dari pihak daerah dan dapat mengetahui kendala dari daerah tersebut serta membantu bersama masyarakat memecahkan persoalan di lapangan.

"Ke depannya, mahasiswa IPB University asal Bengkayang yang mengikuti KKNT ini dapat mengabdi kembali ke daerah untuk membangun daerahnya setelah menyelesaikan studinya," ujarnya dalam serah terima KKNT Bengkayang, (9/7).

Sedangkan Pemda Bengkayang yang diwakili Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkayang, Obaja,SE, MSi menyampaikan bahwa pihak Pemerintah Daerah Bengkayang sangat menerima baik mahasiswa KKNT IPB University yang akan KKNT di Kecamatan Tujuh Belas, Desa Sinar Tebudak dan Kecamatan Sanggau Ledo, Desa Lembang.

"Harapannya melalui kegiatan KKNT ini mahasiswa IPB University mampu memberikan sumbangsih yang bermanfaat terhadap sektor pertanian dan peternakan di Kabupaten Bengkayang. Selain itu, kami berharap dapat bekerja sama dengan IPB University untuk menggali dan memaksimalkan potensi yang ada di Kabupaten Bengkayang,” kata Obaja dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Adapun program kerja KKNT di Kecamatan Sanggau Ledo terdiri dari edukasi Covid-19, pemberian bantuan, sosialisai demo pembuatan dan pembagian jamu herbal, pemberian obat cacing, pemeriksaan hewan kurban, mengecek status kesehatan hewan ternak dan pembuatan pupuk dari kotoran ternak.

Sementara itu, program kerja KKNT di Kecamatan Tujuh Belas terdiri edukasi mengenai pertanian 4.0 kepada petani, pembuatan akun aplikasi penjualan online produk pertanian di Desa Sinar Tebudak, pemberian obat cacing dan vitamin pada ternak secara gratis, edukasi tentang penyakit dan obat hewan pada ternak dan sanitsasi kendang yang baik, memberikan penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk menyikapi masa new normal saat pandemi Covid-19, pemeriksaan hewan kurban dalam kegiatan Hari Raya Idul Adha dan Protein Day.

KKNT di Bengkayang dilakukan di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapang (DPL), Dr drh Andriyanto dan Dr Siti Sa’adiah. Khusus untuk kegiatan KKNT Kabupaten Bengkayang melibatkan 14 mahasiswa yang program-programnya fokus pada  “Penanggulangan Masa Covid-19 dan Pasca Covid-19”.

Kegiatan KKNT merupakan wujud nyata pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan secara rutin dan berkelanjutan oleh IPB University. Tema kegiatan KKNT IPB University 2020 adalah “Optimalisasi Pemanfaatan Sumberdaya wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Techno Socio Entrepreneurship untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) pada masa pandemi Covid-19.”

Kegiatan KKNT di Bengkayang merupakan salah satu bagian dari KKNT IPB University yang diselenggarakan hampir seluruh Indonesia dan berlangsung pada bulan Juli sampai Agustus 2020.  Tim KKNT di wilayah ini diterima oleh Obaja SE, MSi (pelaksana harian/Plh Bupati Bengkayang), Erlianus, SP (kepala Dinas Pangan, Pertanian, dan Perkebunan) dan Ir Magdalena MM (kepala Dinas Perikanan, Kelautan, dan Peternakan). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement