Sabtu 18 Jul 2020 09:28 WIB

Guardiola Tertawai Pengamat Kritik David Luiz

Guardiola membela bek David Luiz yang dikecam pengamat.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Didi Purwadi
 David Luiz
Foto: Julian Finney/Pool Getty
David Luiz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bos Manchester City, Pep Guardiola, membela bek Arsenal David Luiz yang dikecam karena kakalahan Arsenal 0-3 dari Manchester City bulan lalu. Guardiola mengaku tertawa atas kritikan terhadap Luiz dan menyebut bek tengah itu akan menjadi pemain berpengaruh di semifinal Piala FA antara Arsenal kontra Manchester City, Ahad (19/7) dini hari WIB.

Terakhir kali kedua tim bertemu, Luiz bersalah atas gol pembuka, kemudian memberikan penalti dan mendapat kartu merah. City pun sukses mengalahkan tim Mikel Arteta 3-0 di Etihad bulan lalu.

Kesalahan fatal bek tengah itu mendapat kecaman luas. Banyak pengamat menunjukkan bahwa karier Emirates-nya bisa berakhir karena kontraknya akan berakhir musim panas ini.

Namun sejak itu, Arteta justru menunjukkan kepercayaan pada Luiz dengan memberinya kontrak baru satu tahun. Sementara, pemain berusia 33 tahun itu telah bermain setiap menit dalam lima pertandingan terakhir Arsenal. Tiga di antaranya merupakan kemenangan.

Guardiola mengaku tidak terkejut dengan kebangkitan Luiz dan mengatakan bahwa pemain Brasil itu memiliki mentalitas yang luar biasa. "Saya sangat menghormati dia dan atas apa yang telah dia lakukan dalam kariernya," kata Guardiola dalam konferensi pers jelang laga dikutip dari Mirror, Sabtu (18/7).

"Dia adalah pemain yang luar biasa dan memiliki mental yang luar biasa dan terutama kepribadian. Aku tertawa terbahak-bahak ketika mendengar para pakar, banyak dari mereka adalah pemain bertahan dan mereka percaya mereka tidak melakukan kesalahan dalam karier mereka meskipun mereka bermain selama 15 atau 20 tahun," tambahnya.

Menurut Guardiola, Luiz akan membuat banyak aksi bagus ke depannya. Dia pun bersyukur Luiz masih bermain bola dan percaya bahwa kesalahan fatal yang pernah dilakukannya bisa terbayar dengan perbaikan yang signifikan.

"Dia melakukannya dengan bermartabat. Aku sangat menghormatinya," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement