Sabtu 18 Jul 2020 08:53 WIB

Kemenristek Dorong Perusahaan Farmasi Produksi Vaksin Corona

Saat ini vaksin corona tengah masuk dalam tahap pengujian.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Friska Yolandha
Penelitian vaksin corona, ilustrasi. Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mendorong perusahaan farmasi nasional produksi vaksin Covid-19.
Foto: Antara/Umarul Faruq
Penelitian vaksin corona, ilustrasi. Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mendorong perusahaan farmasi nasional produksi vaksin Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mendorong perusahaan farmasi nasional produksi vaksin Covid-19. Menristek/Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro menyebutkan, kesehatan dan obat merupakan salah satu fokus yang telah dicanangkan dalam Prioritas Riset Nasional tahun 2020- 2025.

"Adapun tema-tema riset terkait kesehatan dan obat meliputi antara lain Teknologi Produksi Sediaan Obat (Berbasis Bahan Baku Alam) dan Bahan Baku Obat Dalam Negeri Untuk Penguatan Industri Farmasi Nasional, Alat dan Instrumentasi Kesehatan Produksi Dalam Negeri, dan Pengobatan Presisi/Akurat Berbasis Genom dan Sel Punca Untuk Mengatasi Masalah Perubahan Demografi," kata Bambang, dalam keterangannya, Jumat (17/7).

Baca Juga

Ia juga menyampaikan sejumlah upaya yang telah dilakukan dalam pengembangan vaksin yang saat ini sudah masuk dalam tahap pengujian. Dalam tahap ini, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman telah membangun pondasi pembuatan vaksin dari suatu zat protein atau disebut dengan protein rekombinan.

Tahap selanjutnya, vaksin akan diuji atau masuk tahap percobaan terhadap hewan yang akan dilakukan di Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Vaksin yang diberi nama Vaksin Merah putih ini ditargetkan akan rampung pada 2021. Dalam pengembangan vaksin ini, Lembaga Eijkman terus bekerjasama dengan perusahaan farmasi nasional, yakni PT Bio Farma.

Sementara itu, dalam rangka mendukung pengembangan vaksin corona, BPOM juga telah memperkuat laboratorium untuk mendukung pengujian spesimen. BPOM juga mengambil peran untuk percepatan izin edar dan pelulusan produk sebagai obat dan vaksin, sehingga proses pengembangan obat dan izin edar nantinya dapat lebih cepat dilakukan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bio Farma, Honesti Basyir menjelaskan, pihaknya akan berperan aktif untuk melakukan produksi vaksin. Menurutnya, bila bibit vaksin awal 2021 nanti sampai ke Bio Farma tepat waktu, maka bukan tidak mungkin kuartal III 2021 mendatang, Indonesia bisa memproduksi masal vaksin tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement