Sabtu 18 Jul 2020 07:01 WIB

Sandiaga Bagi Tip Jaga Kesehatan Selama Pandemi

Berbaik hati ke diri sendiri disebut Sandiaga bermanfaat saat pandemi.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Indira Rezkisari
Sandiaga Uno.
Foto: Republika/Prayogi
Sandiaga Uno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengusaha Sandiaga Uno berbagi tips kesehatan agar tubuh tidak mudah terserang virus di tengah masa pandemi. Dia mengungkapkan, ada lima cara mudah menjaga kesehatan fisik dan mental selama pandemi.

"Salah satunya adalah mencari kegiatan untuk distraction seperti olahraga," kata Sandiaga dalam keterangan, Sabtu (18/7).

Baca Juga

Dia mengatakan, cara lainnya adalah seperti berhubungan dengan teman-teman melalui media sosial atau video conference guna mengenang masa-masa bahagia yang pernah dialami. Lanjutnya, masyarakat juga jangan lupa memperhatikan diri sendiri dan menyambung perasaan serta mencari cara mudah untuk menyelaraskan emosi.

"Dan yang paling penting adalah berbaik hati kepada diri sendiri dan orang lain. Karena ini seperti Corona, ini sifatnya menular. Coba bawa positivity untuk memperbaiki keadaan," katanya.

Sandi mengatakan, pandemi Covid-19 telah memiliki dampak luar biasa dari sisi kesehatan dan ekonomi. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan bahwa 70 persen orang mengalami dampak trauma psikologis.

"Hal itu berasal dari berbagai permasalahan sosio-ekonomi seperti di PHK massal, bisnis bangkrut dan kehilangan penghasilan," katanya.

Dia melanjutkan, sekira 20 persen penduduk Jabodetabek memiliki berbagai macam masalah kesehatan mental dari yang ringan sampai yang berat. Mantan calon wakil presiden ini mengatakan, sebabnya penting untuk mengenali ciri-ciri dan cara mengatasi masalah tersebut.

Mantan ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HPMI) ini pun berpesan kepada anak-anak muda Indonesia bahwa badai pandemi ini pasti akan berlalu. Dia meminta mereka untuk tetap optimis dalam menjalani segala cobaan yang ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement