Sabtu 18 Jul 2020 06:28 WIB

Pengguna Nontunai Melonjak, Kredivo Perketat Verifikasi Data

Selama Februari-Juni, Kredivo mencatat kenaikan pengguna baru hingga 42 persen.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
Kredivo
Foto: Kredivo
Kredivo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Transaksi online yang dilakukan melalui e-commerce untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kian populer sejak pandemi Covid-19. Terlebih, platform kredit digital semakin digunakan dalam beberapa tahun belakangan dijadikan sebagai metode pembayaran pada e-commerce.

Laporan konsultan Global McKinse menunjukkan selama Juni terjadi peningkatan pembayaran tanpa kontak sebesar 26 persen. Sedangkan, metode pembayaran lain seperti cash dan penggunaan kartu debit maupun kredit mengalami penurunan. Salah satu faktor yang mempengaruhi karena berkurangnya risiko belanja tatap muka dan penggunaan uang tunai saat bertransaksi.

Baca Juga

Kredivo sebagai salah satu kredit digital yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan inovasi dan kemudahan yang ditawarkan menjadi kunci dalam penetrasi kredit digital sebagai metode pembayaran pada e-commerce, khususnya selama pandemi. Hal ini juga mendorong tingkat kepercayaan konsumen pada e-commerce, transaksi harian di e-commerce melonjak 26 persen sejak pandemi.

General Manager Kredivo Lily Suriani mengatakan data internal Kredivo juga mencatat peningkatan cukup stabil terhadap jumlah pengguna baru yang melakukan transaksi e-commerce. “Selama Februrari hingga Juni 2020 jumlah pengguna baru mencapai 42 persen. Angka ini meningkat dibanding jumlah pengguna aktif Kredivo pada akhir Januari 2020,” ujarnya dalam keterangan tulis, Jumat (17/7).

Menurutnya di tengah maraknya penggunaan kredit digital, Kredivo telah menerapkan verifikasi data dan pendeteksi penipuan melalui sistem manajemen risiko industri yang mampu mencapai metrik risiko setara bank. Berbagai inovasi ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri e-commerce yang diproyeksikan terus tumbuh meski berada pada situasi pandemi.

“Inovasi yang memberikan akses kredit digital yang nyaman dan aman menjadi solusi bagi masyarakat untuk bertransaksi e-commerce, terlebih di tengah pandemi pengguna tidak perlu bertatap muka atau keluar dari rumah untuk mengajukan aplikasi kredit,” ucapnya.

Mneurut Lily kemudahan tersebut juga diwujudkan melalui salah satu fitur unggulan Kredivo, Zero-click Checkout, yang memungkinkan pengguna untuk membeli barang pada e-commerce secara instan tanpa perlu log in atau pindah ke aplikasi lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement