Sabtu 18 Jul 2020 02:32 WIB

Ilmuwan Turki Temukan Spesies Bakteri Baru

Bakteri baru menyebabkan penyakit pada ikan rainbow trout

Red: Nur Aini
Peneliti Turki menemukan bakteri baru

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Ilmuwan Turki menemukan spesies bakteri baru yang menyebabkan penyakit pada ikan rainbow trout.

Soner Altun, seorang profesor kedokteran hewan dari Universitas Bursa Uludag, dan timnya menemukan bakteri Pseudomonas Sivasensis. Dalam sebuah pernyataan, Altun mengatakan Turki memiliki salah satu kapasitas tertinggi untuk budi daya rainbow trout di antara negara-negara Eropa.

Dia menambahkan bahwa untuk memastikan keberlanjutan budi daya ikan trout, faktor-faktor penyebab penyakit pada ikan harus ditentukan, dan langkah-langkah perlindungan dan kontrol harus diambil.

Penemuan Pseudomonas Sivasensis diterbitkan dalam jurnal ilmiah Mikrobiologi Sistematik dan Terapan.

"Bakteri itu diberi nama Pseudomonas Sivasensis setelah kolaborasi dengan para peneliti Spanyol," ungkap Altun.

Dia menekankan bahwa timnya sedang berupaya untuk mengidentifikasi dan menyebutkan berbagai spesies bakteri yang menyebabkan penyakit pada ikan budi daya serta mengembangkan dan mengelola vaksin untuk melawan penyakit tersebut.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/turki/ilmuwan-turki-temukan-spesies-bakteri-baru/1913362