Jumat 17 Jul 2020 10:24 WIB

Angka Pengangguran di Australia Sentuh Level Tertinggi

Jumlah pengangguran meningkat dari 69.300 jiwa menjadi 992.300 jiwa pada Juni.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Pengangguran di Australia (ilustrasi)
Pengangguran di Australia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SIDNEY --  Tingkat pengangguran Australia naik tipis meskipun ketersediaan lapangan kerja melonjak dengan rekor pada Juni. Kondisi itu terjadi karena lebih banyak orang mencari pekerjaan yang didorong oleh pembukaan kembali ekonomi dari pembatasan sosial masa pandemi virus corona.

Dilansir Reuters, Jumat (17/7), lapangan kerja naik sebanyak 210.800 pada Juni setelah mengalami penurunan besar pada April dan Mei, menurut Biro Statistik Australia pada Kamis (16/7), kemarin. Angka itu jauh di atas jajak pendapat oleh Reuters yang diprediksi naik 112.000.

Baca Juga

Namun, tingkat pengangguran masih mencapai tertinggi dalam 22 tahun, yaitu 7,4 persen karena lonjakan pertumbuhan lapangan kerja tidak cukup untuk mengimbangi peningkatan jumlah orang yang mencari pekerjaan.

Tingkat partisipasi angkatan kerja pada bulan Juni naik 1,3 poin persentase menjadi 64 persen, tertinggi sejak April, dan itu mendorong pengangguran lebih tinggi.

Jumlah orang yang menganggur meningkat 69.300 jiwa menjadi 992.300 jiwa pada Juni. Sekitar sepertiga lebih banyak dari jumlah pengangguran selama krisis keuangan global 2008.

Ekonom memperkirakan tingkat pengangguran akan lebih tinggi di atas 11 pesen seandainya bukan karena skema subsidi upah pemerintah -JobKeeper- yang memungkinkan perusahaan untuk mempertahankan staf dalam daftar gaji mereka meskipun mereka bekerja nol jam.

Dengan dukungan pemerintah yang diperkirakan akan ditarik, para ekonom memperkirakan tingkat pengangguran akan tetap tinggi untuk beberapa waktu. Gelombang kedua infeksi virus corona di Victoria juga mengancam prospek pekerjaan.

"Ke depan, kami terus mengharapkan kelemahan di pasar tenaga kerja, dengan lapangan kerja akan kambuh di kuartal empat dan pengangguran meningkat lebih lanjut menjadi 8 persen," tulis ekonom UBS George Tharenou dalam sebuah catatan.

Tharenou mengatakan Australia akan membutuhkan lebih banyak dukungan fiskal untuk membantu menumpulkan serangan dari infeksi coronavirus gelombang kedua di Victoria's Melbourne.

Bendahara Australia, Josh Frydenberg diperkirakan akan menerbitkan 'anggaran kecil' pada 23 Juli di mana ia kemungkinan akan mengumumkan penarikan skema JobKeeper karena sebagian besar negara bagian dan teritori telah membuka kembali ekonomi mereka setelah mengelola penyebaran virus korona.

Akibatnya, jam kerja bulanan di semua sektor meningkat sebesar 4 persen pada bulan Juni meskipun mereka jauh di bawah level Maret.

Australia menghadapi resesi pertamanya dalam hampir tiga dekade dengan bank sentral negara itu memperkirakan tingkat pengangguran akan tetap tinggi hingga 2021.

Bank Australia telah melakukan segalanya dengan memotong suku bunga ke rekor terendah 0,25 persen, membanjiri sistem keuangan dengan uang tunai dan bahkan membeli obligasi pemerintah untuk menurunkan suku bunga pinjaman untuk bisnis.

Terlepas dari dukungan itu, para ekonom tidak mengharapkan jumlah total orang yang dipekerjakan untuk kembali ke tingkat sebelum Covid-19 hingga awal tahun depan.

"Kami memperkirakan tingkat pengangguran mencapai sekitar 8,5-9 persen pada akhir tahun ini. Ini berarti bahwa ada kebutuhan untuk stimulus fiskal pemerintah untuk terus berjalan untuk saat ini,"  kata ekonom AMP, Diana Mousina.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement