Jumat 17 Jul 2020 06:07 WIB

Curhatan Omas, Berjuta Berkah Usai Putuskan Berhijab

Curhatan Omas, Berjuta Berkah Usai Putuskan Berhijab

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Komedian Betawi, Alm Hj Omaswati
Komedian Betawi, Alm Hj Omaswati

VIVA – Dunia komedi Tanah Air kembali ditinggal salah satu insannya. Pelawak Omas Wati meninggal dunia hari Kamis 16 Juli 2020.

Almarhumah sebelumnya sempat menderita sakit diabetes dan paru-paru. Omas meninggalkan tiga anak, Muhammad Rizky Dioambiah, Dinda Olivia, dan Dimas Aji Septian.

Mengenang sosok periang dan penuh canda tawa ini, Omas pernah menemukan penting dalam hidupnya yang dirasakan begitu membawa perubahan dalam hidupnya.

Pada tahun 2006 silam, wanita kelahiran 3 Mei 1966 itu memutuskan menggunakan hijab. Dan dari keputusannya itu pun ternyata saudara kandung pelawak Mastur dan Mandra ini merasakan banyak perbedaan.

Baca juga: Beredar Foto Kondisi Omas Sebelum Meninggal Dunia

Salah satunya, ia merasa lebih dihargai, tak lagi banyak diledek habis-habisan oleh orang lain, dan ia mampu mengendalikan gaya bercandanya yang sering kelewat batas.

"Lebih dihargai, ngelihatnya lebih enak," kata Omas saat ditemui VIVA di Jakarta Selatan, Selasa 17 Juli 2012 silam.

Omas pun mengaku, memutuskan untuk menutup auratnya dengan hijab sejak ia pulang dari perjalanan Umroh bersama keluarganya.

Namun, Omas memang tak melulu menggunakan hijab untuk menutupi kepalanya, seringpula Omas menggunakan wig tanpa kerudung.

"Iya saya sudah lama berjilbab. Selama ini pakai wig, yang penting kan rambut tertutup, nggak kelihatan," akunya. Sedangkan soal pakaian, ia mengaku memang sejak dulu suka mengenakan baju tertutup.

Meski begitu, Omas menegaskan, berhijab tidak menghalanginya berkarier di bidang hiburan. Ia tidak sedikitpun mengurangi aksi panggung, bahkan ia tak mengubah gaya bercandanya saat melawak di atas panggung.

"Lucu dong kalau dulunya saya cablak terus ngomongnya jadi sok imut. Nanti orang bingung bedain saya sama Desy Ratnasari," selorohnya sambil bercanda.

Selama memutuskan mengenakan hijab, ia juga mengaku tak membatasi diri dalam melakukan sesuatu. Omas juga selalu berusaha menghilangkan sifat-sifatnya yang jelek.

Baginya, berhijab bukan sekadar mengikuti tren, melainkan datang dari keinginan hati. Apalagi, ia sadar, berhijab merupakan kewajiban sebagai seorang muslimah. Selama ini, inspirasi gaya berhijabnya hanyalah hasil eksperimen sendiri.

"Pernah juga sih niru gaya yang bagus, tapi lebih seringnya saya coba-coba sendiri. Pokoknya yang simpel dan praktis aja," kata Omas. (day)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement