Kamis 16 Jul 2020 22:16 WIB

Gibran-Teguh Dapat Rekomendasi Maju Pilkada Solo

Belum dipastikan siapa yang akan menjadi wali dan wakil untuk pilkada Solo.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Indira Rezkisari
Bakal Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bakal Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dikabarkan mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bersama Teguh Prakosa untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo tahun 2020. Pengumuman akan disampaikan di kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Tengah di Semarang melalui video konferensi dengan DPP PDIP, Jumat (17/7).

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Solo yang juga Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Dia mengatakan ada lima orang yang diundang untuk menghadiri pengumuman hasil rekomendasi tersebut, yakni dirinya, Sekretaris DPC Teguh Prakosa, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Putut Gunawan, serta Gibran dan Teguh.

Baca Juga

"Iya, yang diundang itu Teguh dan Gibran. Tetapi untuk calon wali kota dan calon wakilnya siapa saya tidak tahu persis," kata Rudyatmo saat dihubungi wartawan, Kamis (16/7).

Sedangkan Achmad Purnomo yang sebelumnya diajukan oleh DPC PDIP Solo tidak mendapat undangan. Sebelumnya, DPC PDIP Solo mengajukan pasangan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa untuk maju dalam Pilkada Solo 2020.

"Pak Pur [Achmad Purnomo] tidak diundang. Kira-kira yang dapat rekomendasi itu. Tapi posisinya di mana saya tidak tahu," imbuh Rudyatmo.

Rudyatmo memastikan diya bakal berangkat ke Semarang. Sudah menjadi tradisi jika ada pengumuman rekomendasi pasti mengundang Ketua DPC.

Biasanya, pengumuman rekomendasi dilakukan oleh DPP PDIP di Jakarta. Namun, karena kondisi pandemi Covid-19 sehingga pengumuman dilakukan di kantor DPD PDIP melalui video konferensi dengan DPP PDIP.

"Besok itu kan ada lima calon kepala daerah yang akan dapat rekomendasi. Dari Solo, Pekalongan, Wonosobo, Sukoharjo dan Purworejo," paparnya.

Secara terpisah, Teguh Prakosa mengatakan berdasarkan undangan yang datang ke DPC, Ketua DPC, Sekretaris, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu, serta calon yang bersangkutan diundang ke DPD PDIP Jawa Tengah terkait pengumuman rekomendasi Pilkada. "Ya kalau menurut undangan yang datang ke DPD besok itu," katanya.

Teguh mengaku belum melakukan komunikasi dengan Gibran terkait rekomendasi tersebut. "Ya besok kan komunikasi," ujarnya.

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka saat dikonfirmasi wartawan enggan memberikan komentar terkait kabar rekomendasi tersebut. "Minta doanya saja yang terbaik," ucap Gibran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement