Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

BIN Sasar Kantor Pelayanan Publik Gelar Tes Cepat Covid-19

Kamis 16 Jul 2020 14:54 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

Foto: EPA/CDC
Kantor pelayanan publik dinilai rentan penyebaran Corona.

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG -- Badan Intelijen Negara (BIN)  menyasar kantor pelayanan publik dalam menggelar test cepat dan tes usap Covid-19 secara massal. Langkah ini diambi setelah sebelumnya BIN masif melaksanakan tes di sejumlah pusat keramaian.

"Kegiatan ini dalam rangka percepatan pencegahan penanggulangan Covid-19, sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus corona," ujar Koordinator Wilayah Sub Gugus Tugas Covid-19 BIN, Sony Arifianto di sela-sela pelaksanaan tes cepat di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Menurut dia, BPN merupakan salah satu kantor pelayanan publik yang bersifat padat aktivitas, sehingga rentan menjadi media penyebaran COVID-19. "BPN salah satu fungsi pelayanan masyarakat di mana di situ banyak sekali masyarakat yang hadir lalu-lalang berkaitan dengan masalah pertanahan," tuturnya.

Tak kurang dari 870 peserta yang terdiri dari pengunjung, pegawai BPN Kota dan Kabupaten Bogor, serta BPN Kota Depok tercatat sebagai peserta tes cepat yang dilaksanakan sejak pagi hari itu.

"Sampai pukul 10.00 WIB sekitar 250 peserta yang diambil sampelnya sebanyak tujuh orang dinyatakan reaktif. Bilamana ada yang reaktif langsung kita swab," terang Sony.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Pemerintah Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab di tempat yang sama mengaku sejalan dengan BIN yang mulai menyasar kantor pelayanan publik dalam menggelar tes cepat dan tes usap. "Hari ini di kantor-kantor pemerintah sudah kita lakukan (tes COVID-19). Agar tidak menjadi epicentrum baru, agar semua dijamin aman," kata Renaldi.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA