Kamis 16 Jul 2020 09:00 WIB

Sony PS5 Miliki Bobot 4,78 Kg?

Teknologi yang diusung PS5 membuat konsol gim ini memiliki bobot berat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sony PS5.
Foto: t3
Sony PS5.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Amazon membuat daftar berat konsol gim. Playstation 5 bisa menjadi konsol gim terberat ketika diluncurkan, jika daftar tersebut bisa digunakan. Menurut spesifikasi di daftar, PS5 akan berbobot 4,78 kg.

PlayStation 4 memiliki berat 2,8 kg. Sedangkan Playstation 4 Pro memiliki berat 3,3 kg. Dengan berat 4,78 kg, PlayStation 5 akan memiliki berat hampir sama dengan PlayStation 3 yakni 5 kg dari 13 tahun yang lalu.

Baca Juga

Sementara itu, jenama lain, Xbox One X milik Microsoft memiliki berat 3,81 kg. Sedangkan Xbox Series X beratnya 4,45 kg, hampir seberat konsol Sony.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena, Rabu (16/7), ada alasan dibalik berat 4,78 kg PS5. Perangkat tersebut memiliki 4K Blue-ray drive, AMD Zen 2 berbasis CPU dengan 8 core, berjalan pada 3.5GHz, GPU kustom dengan 36 core pada 2.23GHz, mampu 10.28 TFLOP , 16GB GDDR6 RAM, custom 825GB SSD dan mendukung hingga resolusi 8K hingga 120fps.

Sony beberapa waktu lalu memperkenalkan PlayStation 5 beserta aksesoris untuk menikmati konsol gim tersebut. Vice President of User Experience Design at PlayStation, Matt MacLaurin memberi sedikit informasi lebih lanjut tentang bentuk konsol PS5.

Di halaman LinkedIn-nya (viaVG247), MacLaurin merinci beberapa alasan di balik desain konsol yang berwarna hitam dan putih tersebut. Saat menjawab pertanyaan, pengguna LinkedIn bertanya “mengapa membuat produk baru lebih besar dan lebih tebal?”, dia mengungkap alasannya.

Termal menjadi alasan terpenting. MacLaurin mengatakan gen PS5 ini adalah supercomputer kecil. Sementara proses 7nm memberikan kinerja panas yang luar biasa untuk daya sangat ekstrim.

“Teknologi ini masih sangat baru dan membuang banyak panas, sehingga kita perlu ruang untuk menghilangkannya,” ujar MacLaurin menjawab pertanyaan tersebut, seperti yang dilansir dari Daily Star.

MacLaurin juga mengomentari reaksi orang-orang terhadap desain mesin tersebut. Menurutnya, desain tersebut memiliki pertimbangan yang kuat. Jadi, tidak masalah jika tidak semua orang menyukainya.

“Kustomisasi dengan edisi khusus akan melampaui apa pun yang terlihat sebelumnya. Seseorang mengejek desain kayu di Reddit dan kelihatannya (desain itu) terlihat bagus,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement