Kamis 16 Jul 2020 02:13 WIB

Wolves Ditahan Imbang, Peluang ke Eropa Makin Berat

Wolves bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Burnley di Turf Moor.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Striker Wolverhampton Wanderers (Wolves) Raul Jimenez (kanan) menanduk bola dalam laga melawan Burnley. Wolves ditahan imbang Burnley 1-1.
Foto: EPA-EFE/Jason Cairndruff
Striker Wolverhampton Wanderers (Wolves) Raul Jimenez (kanan) menanduk bola dalam laga melawan Burnley. Wolves ditahan imbang Burnley 1-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wolverhampton Wanderers kehilangan poin penting dalam upaya memburu tiket Eropa musim depan. Wolves ditahan imbang tuan rumah Burnley 1-1 di Turf Moor pada laga pekan ke-36 Liga Primer Inggris, Kamis (16/7) dini hari WIB.

Tambahan satu angka membuat posisi Wolves tetap di peringkat enam dengan nilai 56. Wolves terpaut tiga angka dari posisi lima Manchester United yang belum menjalani laga pekan ke-36. Wolves juga hanya terpaut satu poin dari Tottenham Hotspur yang menduduki peringkat tujuh setelah mengalahkan Newcastle United 3-1. Adapun Burnley naik satu tingkat ke posisi sembilan. Burnley mengumpulkan nilai 51. 

Jalannya laga

Wolves bermain ofensif sejak menit awal dan langsung mendapatkan peluang melalui tendangan penjuru di menit kedua. Gagal pada percobaan tersebut, tim asuhan Nuno Esporito Santo terus menekan. 

Pada menit ke-10, Diogo Jota mendapatkan peluang emas di tengah kotak 16, namun percobaannya berhasil diblokir. Sejurus kemudian, tandukan berbahaya Raul Jimenez saat menyelesaikan umpan Adama Traore berhasil diamankan oleh kiper di bagian tengah atas gawang.

Lini bertahan tim tuan rumah berulang kali mendapat ancaman dari pasukan Wolves. Namun, mereka masih mampu menutup semua peluang yang dimiliki tim lawan. Seperti pada menit ke-21, percobaan Daniel Podence dari luar kotak 16 berhasil diblokir.

Burnley akhirnya membuka peluang pada menit ke-23, saat Chris Wood mendapat ruang tembak dari luar kotak 16. Namun, upaya itu berhasil digagalkan. Di menit ke-37 giliran Jay Rodriguez melesatkan tembakan dengan kaki kanannya dari bagian kanan kotak 16. Namun, bola hanya melintas di atas mistar gawang.

Kedua tim tampak kesulitan menembus pertahanan lawan. Beberapa peluang gagal dimaksimalkan, sehingga tidak ada gol yang berhasil diciptakan oleh kedua tim hingga turun minum. Babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata. 

Pada babak kedua, Adama Traore membuka peluang pertamanya di menit ke-47 saat menerima umpan dari Joao Moutinho. Namun, tembakan kaki kanannya dari kanan kotak 16 itu masih meleset ke kiri gawang.

Burnley berhasil memberikan ancaman balasan di menit ke-53 dengan tembakan jarak jauh Dwight McNeil. Namun lagi-lagi berhasil diblokir. Lima menit berselang, giliran Josh Brownhill yang melakukan percobaan dengan kaki kirinya, namun masih dapat diamankan.

Peluang kembali diciptakan Wolves pada menit ke-63 saat Ruben Neves melesatkan tembakan ke gawang dari luar kotak 16, namun bola berhasil diselamatkan di bagian tengah gawang.

Burnley pun mendapat gilirannya kembali untuk memberikan ancaman. Di menit ke-66 Kevin Long mendapat peluang emas saay menerima umpan Ashley Westwood dari situasi bola mati. Namun, tandukan Long masih meleset di kiri gawang.

Gol pertama pertandingan tersebut akhirnya tercipta di menit ke-76 untuk Wolves melalui tendangan Raul Jimenez dari bagian tengah kotak 16 saat mendapatkan ruang tembak. Gol itu menjadi pembeda di papan skor, di mana Wolves unggul sementara dengan skor 1-0.

Pada menit ke-79 James Tarkowski hampir menyamakan kedudukan saat melakukan percobaan dari tengah kotak 16. Pasalnya, bola masih meleset di sisi kiri.

Sementara itu, Wolves kembali memberikan ancaman di menit ke-87 saat Willy Bolly menggunakan kepalanya untuk merubah laju bola yang diumpankan oleh Joao. Namun, tandukan Bolly masih bisa diselamatkan. Dua menit berselang, giliran Pedro Neto yang melesatkan tembakan dari sebelah kanan kotak 16, namun juga berhasil diselamatkan. 

Pada menit keempat injury time. Burnley mendapat hadiah penalti karena Matt Doherty handball di kotak terlarang. Chris Wood berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik dan membuat skor imbang 1-1 hingga laga berakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement