Rabu 15 Jul 2020 22:02 WIB

Penularan Covid-19 Lewat Udara Dinilai Lebih Berbahaya

Virus corona akan cepat menyebar di dalam ruangan yang sirkulasi udaranya tidak baik.

Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bandar Lampung mengingatkan masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat juga diminta lebih waspada terhadap penyebaran virus corona yang saat ini tidak hanya dari droplet, namun juga melalui udara.

Ketua IDI Cabang Bandar Lampung dr Aditya M Biomed mengatakan penularan Covid-19 melalui udara lebih berbahaya sehingga masyarakat diminta lebih berhati-hati dan waspada. "Karena cairan yang dikeluarkan saat bersin atau batuk dapat berubah jadi partikel yang lebih kecil dan mudah menyebar di udara sehingga dapat menempel di mana-mana," jelasnya, Rabu (15/7).

Apalagi, kata dia, virus ini akan cepat menyebar di dalam ruangan yang sirkulasi udaranya tidak baik dan dapat bertahan selama delapan jam di udara. "Penularan melalui udara ini juga dapat menjangkau jarak lebih dari satu meter," ujar Aditya.

                               

Meski begitu, dia mengajak masyarakat tidak panik dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Caranya dengan memakai masker dengan benar, menjaga jarak lebih dari satu meter, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Masyarakat juga harus berhati-hati dan sebisa mungkin menghindari aktivitas di kerumunan orang banyak yang asal muasalnya tidak diketahui. "Pokoknya harus lebih waspada dalam melakukan kegiatan atau aktivitas seperti olahraga, ke pasar dan mal karena banyak orang asing yang tidak kita kenal dan asalnya pun tidak diketahui dari mana," ujarnya.

                                                       

                           

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement