Rabu 15 Jul 2020 20:38 WIB

Valentino Rossi akan Jalani Musim Ke-25 MotoGP di Jerez

Rossi menjalani lebih dari 400 GP, tapi baru kali ini membalap tanpa penonton.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap tim Yamaha Valentino Rossi
Foto: AP Photo/Kerstin Joensson
Pembalap tim Yamaha Valentino Rossi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah mengalami penundaan selama empat bulan akibat virus corona, musim balap MotoGP 2020 akan dimulai akhir pekan ini di Jerez, Spanyol. Ini akan menjadi musim ke-25 yang dijalani pembalap asal Italia, Valentino Rossi.

"Akhirnya kita bisa menikmati MotoGP lagi!" kata Rossi dilansir Crash, Rabu (15/7). "Hormat saya, ini sangat melegakan saya, karena saya sangat merindukan M1 saya, dan saya pikir para penggemar juga akan sangat bahagia."

Rossi akan mulai dengan sesi tes pertama di Jerez pada Kamis (16/7). "Langkah-langkah yang kami buat di Sepang dan Losail selama pra-musim, positif, tapi itu sudah lama sekali sekarang."

Menurut Rossi, timnya masih harus diorganisasi dan bekerja keras untuk memulai GP Spanyol dengan pemahaman dan perasaan yang baik. "Lagi pula, saya siap untuk memulai musim baru ini dengan tim saya. Kami akan melakukan yang terbaik!" lanjutnya.

Rossi mungkin telah menjalani lebih dari 400 GP, tetapi bahkan dia tidak akan mengalami hal seperti akhir pekan nanti, yakni balapan yang berlangsung tanpa penggemar dan dengan protokol kesehatan yang ketat dari pengujian Covid-19. Termasuk menjaga jarak sosial dan alat pelindung diri (APD) untuk semua anggota paddock.

Pembalap berusia 41 tahun itu berencana menggunakan putaran pembukaan untuk memutuskan masa depan balapnya, setelah kehilangan kursi tim pabrikan Yamaha-nya yang diambil alih Fabio Quartararo pada 2021.

The Doctor, julukan Rossi, akan menerima tawaran dukungan pabrik Yamaha di tim satelit Petronas Sepang musim depan. Sejumlah detail perlu disepakati antara pihak-pihak utama, Rossi, Yamaha, dan Sepang. Termasuk berapa banyak mekanik Italia akan bergabung dengannya dalam warna Petronas.

Musim ini akan menjadi yang terakhir Rossi berada di tim resmi Yamaha atau yang pertama kali sejak dia bergabung usai meninggalkan Honda sebagai juara dunia pada akhir tahun 2003.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement