Rabu 15 Jul 2020 19:39 WIB

Empat Bank BUMN Biayai Rp 900 M Proyek Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika akan digunakan untuk penyelenggaraan MotoGP Indonesia.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Kawasan Sirkuit Mandalika MotoGP 2021.
Foto: AHMAD SUBAIDI/ANTARA FOTO
Kawasan Sirkuit Mandalika MotoGP 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PP melakukan penandatanganan kerja sama Pembangunan Jalan Kawasan Khusus KEK Mandalika. Adapun penandatanganan kerja sama ini dilakukan antara dua pihak antara lain PTPP dengan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC)

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan perseroan akan mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Kawasan Khsusus KEK Mandalika. Nantinya kawasan ini digunakan untuk penyelenggaraan MotoGP Indonesia yang direncakaan akan berlangsung pada 2021 mendatang.

Baca Juga

"Pembangunan Jalan Kawasan Khusus KEK Mandalika merupakan bagian dari Kawasan Sirkuit Mandalika yang dibangun di atas lahan seluas 52,5 hektar di dalam Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas The Mandalika yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat," ujarnya kepada Republika.co.id, Rabu (15/7).

Menurutnya proyek pembangunan jalan senilai Rp 900 miliar dimiliki langsung oleh ITDC. Adapun pembiayaannya menggunakan skema Pre-Financed Project.

Pembiayaan pembangunan proyek tersebut juga didukung oleh anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

"Pembangunan Jalan Kawasan Khusus KEK Mandalika dengan panjang lintasan 4,31 kilometer merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun dengan konsep menawarkan pemandangan indah yang dikelilingi hamparan perbukitan dan pantai," ucapnya.

Selain itu, menurutnya, sirkuit ini juga akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia yang menyelenggarakan perhelatan MotoGP. Ke depan PTPP berupaya melanjutkan pekerjaan pembangunan jalan di Sirkuit Mandalika yang sebelumnya telah mencapai progress 40 persen.

“PTPP optimistis dapat menyelesaikan pembangunan jalan tersebut sesuai dengan target yang telah ditetapkan pada pertengahan Juni 2021. Kami yakin dapat menghasilkan pembangunan jalan dengan kualitas tinggi dan sesuai dengan standar internasional yang telah ditentukan oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM)," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement