Rabu 15 Jul 2020 14:20 WIB

Perdana Menteri Irak akan Kunjungi Arab Saudi

Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi akan mengunjungi Arab Saudi

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi akan mengunjungi Arab Saudi dalam waktu dekat. Ilustrasi.
Foto: Anadolu Agency
Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi akan mengunjungi Arab Saudi dalam waktu dekat. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi akan mengunjungi Arab Saudi dalam waktu dekat. Penguatan hubungan bilateral menjadi tujuan utama dari kunjungan tersebut.

Duta Besar Irak untuk Arab Saudi Qahtan al-Janabi menyebut dalam kunjungannya nanti al-Khadimi akan berusaha mengaktifkan kembali yang telah ditandatangani kedua negara. Pembukaan kembali perbatasan Arar dan pelonggaran perjalanan antara kedua negara merupakan salah satunya.

Baca Juga

Selain itu peningkatan perdagangan, termasuk penguatan kerja sama dalam bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, dan energi juga akan turut dibahas. "Kepemimpinan Saudi dan Pemerintah Irak bekerja keras untuk meningkatkan hubungan ini," kata al-Janabi dikutip laman Asharq Al-Awsat pada Rabu (15/7).

Pembukaan kembali perbatasan Arar telah ditunda akibat pandemi Covid-19. "Kita sekarang harus hidup berdampingan dengan virus dan dengan hati-hati kembali ke kehidupan normal," ujar al-Janabi.

Arar adalah satu-satunya perbatasan yang melintasi Saudi dan Irak. Namun al-Janabi berharap akan lebih banyak portal perbatasan di buka di masa mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement