Rabu 15 Jul 2020 12:24 WIB

12 Film Apik yang Bercerita tentang Hollywood

Hollywood menjadi inspirasi hadirnya berbagai cerita yang dituangkan dalam film.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Once Upon a Time in Hollywood.
Foto: Columbia Pictures.
Salah satu adegan dalam film Once Upon a Time in Hollywood.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sebagai rumah dari film-film Amerika, Hollywood dan Los Angeles menjadi inspirasi hadirnya berbagai cerita yang dituangkan dalam sinema. Berikut deretan film mengesankan yang pernah ada tentang Hollywood seperti dilansir di laman Looper, Rabu (15/7).

1. Once Upon a Time in Hollywood

Film ini layaknya surat cinta dari sutradara Quentin Tarantino untuk Hollywood, yang penuh rasa sayang dan kritik. Dengan masam dan tajam, Tarantino menghadirkan petualangan seorang aktor Hollywood dan pemeran penggantinya, sekaligus mengenang aksi sadis pembunuhan Tate.

2. La La Land

Menceritakan aktris dan musisi jaz yang mengejar cita-cita di Los Angeles, La La Land membuat banyak pengejar mimpi di Hollywood merasa terhubung. Film musikal penuh nostalgia ini memuat semua elemen, lagu dan tarian memukau, hingga kisah cinta menyesakkan.

3. Singin' in the Rain

Ini adalah salah satu film paling dicintai tentang Hollywood dalam sejarah sinematik. Meski dirilis pada 1952, Singin' in the Rain/ punya sesuatu untuk semua orang yakni banyak tarian, narasi cerdas, dan lelucon yang masih relevan sampai saat ini.

4. Hail, Caesar!

Hail, Caesar! menghadirkan nama-nama besar, seperti Josh Brolin, George Clooney, Channing Tatum, Scarlett Johansson, Ralph Fiennes, Tilda Swinton, Frances McDormand, dan Jonah Hill. Film cerdik ini memuat tindakan kotor dan sisi gelap di Hollywood.

5. The Artist

Sutradara Michel Hazanavicius sukses membawa penonton The Artist ke Hollywood pada era 1927. Pemenang film terbaik pada Academy Awards 2011 ini menyuguhkan akting memikat serta skenario brilian yang menyeimbangkan kisah dramatis dengan keriangan.

6. For Your Consideration

Tentu menyenangkan melihat sisi berkilauan dari Hollywood, tapi tidak ada salahnya sesekali menyimak kelemahan dari industri film di sana. Film ini menawarkan pengalaman menonton semacam itu, dengan kisah yang tajam dan jenaka.

7. Sunset Boulevard

Film klasik ini mengeksplorasi sisi gelap Hollywood dengan gaya noir. Banyak kritikus menganggapnya sinema paling penting yang pernah dibuat. Daftar film tentang Hollywood tidak akan lengkap tanpa Sunset Boulevard yang tayang pada 1950 ini.

8. Mulholland Drive

Sineas David Lynch yang menyutradarai film ini, terkenal dengan gaya tidak biasa dan karya surealis. Mulholland Drive tidak menjadi perkecualian. Para kritikus menyebut film bergenre misteri dengan gaya neo-noir ini sebagai karya terbaik Lynch.

9. A Star is Born

Bradley Cooper membuat debut penyutradaraan dengan A Star is Born, sekaligus membintangi film bersama Lady Gaga. Garapan ulang ketiga dari sinema orisinal berjudul sama rilisan 1937 ini sangat menyentuh hati, dengan cerita yang tak lekang oleh masa.

10. L.A. Confidential

Mengadaptasi novel berjudul sama, L.A. Confidential menceritakan aksi para petugas kepolisian Los Angeles pada 1953. Mereka terjebak di wilayah abu-abu, persimpangan ketegangan antara kekuasaan Hollywood dan kasus korupsi kepolisian.

11. Get Shorty

Sebuah film yang cukup jarang, karena menggabungkan thriller dengan komedi, menunjukkan betapa korupnya Hollywood dalam cerita gangster. Sinema rilisan tahun 1995 ini menjadi sangat populer hingga menelurkan sekuel pada 2005 berjudul Be Cool.

12. Ed Wood

Tidak ada keraguan bahwa Tim Burton dan Johnny Depp membuat keajaiban sinematik bersama. Ed Wood rilisan 1994 adalah salah satu karya kolaborasi pertama mereka. Film biografi ini mengisahkan sosok sineas Ed Wood yang diperankan oleh Depp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement