Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Malam Ini Jupiter Berada di Titik Paling Terang

Rabu 15 Jul 2020 12:18 WIB

Rep: Rizkyan adiyudha/ Red: Dwi Murdaningsih

Wahana antariksa Juno berhasil merekam kekacauan badai di permukaan planet Jupiter.

Wahana antariksa Juno berhasil merekam kekacauan badai di permukaan planet Jupiter.

Foto: nasa
Jupiter akan bersinar dengan rona kuning di langit tepat setelah matahari terbenam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jupiter akan berada pada titik paling terang yang dapat dilihat dari planet Bumi malam ini. Planet terbesar dalam sistem tata surya akan berada diposisi yang paling dekat dengan matahari dan mengorbit dekat dengan Bumi.

Seperti diwartakan laman Space, Rabu (15/7) titik terang Jupiter bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang. Jupiter dapat terlihat tanpa menggunakan teropong di rasi Sagitarius.

Cobalah menjauh dari keriuhan lampu-lampu kota dan bangunan untuk tampilan terbaik. Beri diri setidaknya 20 menit untuk membiarkan mata menyesuaikan diri dengan kegelapan.

Jupiter akan terlihat bersinar dengan rona kuning di langit tepat setelah matahari terbenam. Planet ini akan sedikit menunjukan kecerahannya daripada bintang paling terang di langit Bumi.

Jupiter akan mencapai titik tertingginya di langit sekitar tengah malam dan bergerak menjauh dari atmosfer cakrawala. Sayangnya, fenomena alam ini tidak akan dapat terpantau jika langit terlihat mendung apalagi hujan.

Jupiter diprediksi akan mencapai titik tertinggi di langit empat menit lebih awal setiap malam selama beberapa waktu. Secara bertahap surut dari langit pagi fajar sambil tetap terlihat di langit malam selama beberapa bulan.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA