Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Teater di Jepang Diduga Jadi Sarang Penularan Covid-19

Rabu 15 Jul 2020 00:50 WIB

Rep: Rizky suryarandika/ Red: Esthi Maharani

Karyawan restoran mengenakan pakaian alat pelindung diri untuk menekan penyebaran COVID-19  di Tokyo, Jepang

Karyawan restoran mengenakan pakaian alat pelindung diri untuk menekan penyebaran COVID-19 di Tokyo, Jepang

Foto: AP / Koji Sasahara
Ada penampil teater yang menularkan covid-19 ke sekitar 20 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Otoritas Kesehatan Jepang mengungkap ada sekitar 800 orang  yang pernah pergi ke teater menjalani tes covid-19. Langkah ini diambil menyusul ada penampil teater yang menularkan covid-19 ke sekitar 20 orang.

Angka kasus covid-19 mengalami peningkatan di Ibu Kota Jepang. Ada sekitar 119 kasus covid-19 baru yang dilaporkan pada Senin (13/7) di Tokyo dari 200 kasus secara nasional. Total sementara penderita covid-19 di Jepang di angka 23 ribu orang dengan seribu kasus berakhir kematian.

Pemerintah Tokyo dikabarkan fokus melakukan pencegahan di distrik hiburan Shinjuku. Di sana banyak terdapat kasus penularan covid-19 yang berasal dari teater, kabaret dan pertunjukkan lainnya.

Klaster penularan covid-19 terbaru terlacak di teater Moliere yang menyajikan penampilan hiburan boy-band sejak awal bulan ini. Pemerintah Tokyo baru mendapat laporan infeksi pertama diderita salah satu anggota boy-band pada 6 Juli.

Kemudian dilakukan tes awal hingga menemukan 20 kasus baru covid-19. Pemerintah Tokyo lalu mengimbau agar semua yang pernah hadir di teater mengikuti tes covid-19.

"Sebagai tindaklanjut tingginya infeksi selama pentas, kami mengimbau 800 penonton yang datang berkategori beresiko tinggi tertular covid-19," tulis keterangan resmi pihak penyelenggara teater dilansir dari Reuters/jt pada Selasa (14/7).

Walau demikian, Jepang berusaha keluar dari masalah ekonomi yang timbul akibat pandemi covid-19. Jepang memaksa pembukaan sejumlah wilayah dengan rencana dimulainya lagi penerbangan.

Pemerintah Tokyo nampaknya kelabakan menekan penularan virus covid-19. Sebab rute perjalanan dari dan ke Tokyo masih dibuka. Bandara Narita, Tokyo juga segera membuka lagi runway keduanya pekan depan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA