Selasa 14 Jul 2020 15:13 WIB

Bitung Kini Miliki Lab Pemeriksaan untuk Covid-19

Alat deteksi covid-19 akan dioperasikan di RSUD Kota Bitung.

Dokter patologi klinik menunjukkan cara kerja alat Polymerase Chain Reaction (PCR). ilustrasi
Foto: Antara/Umarul Faruq
Dokter patologi klinik menunjukkan cara kerja alat Polymerase Chain Reaction (PCR). ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akhirnya memiliki laboratorium untuk pemeriksaan COVID-19. Alat GeneXpert untuk mendeteksi virus SARS-COV-2 penyebab COVID-19 akan dioperasikan di RSUD Kota Bitung.

"Kita bersyukur Kota Bitung akhirnya memiliki laboratorium yang dijanjikan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey," kata Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, di Bitung, Selasa (14/7).

Baca Juga

Alat tersebut resmi dioperasikan dengan PCR (TCM) dengan alat GeneXpert untuk mendeteksi virus SARS-COV-2 penyebab COVID-19.

Kepala RSUD Kota Bitung, Pitter Lumingkewas mengatakan, laboratorium akan langsung beroperasi dengan kemampuan memeriksa sampel usap (swab) menggunakan metode PCR. Dalam satu jam, laboratorium dapat memeriksa empat sampel. Ruangan lab juga sudah lengkap dan semua fasilitas mengikuti protokol COVID-19.

Satgas COVID-19 Sulut melalui Juru Bicara, dr Steaven P Dandel MPH merilis 20 kasus positif di Sulut. Dengan demikian, akumulatif kasus terkonfirmasi positif menjadi 1.680 kasus. Adapun pasien sembuh secara kumulatif 391 orang dan meninggal dunia kumulatif 106 kasus.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement