Selasa 14 Jul 2020 17:39 WIB

Perempuan Ingin Jadi Astronaut? Bisa Banget Kok

Stephanie Wilson berbagi cerita menjadi astronaut yang akan jalankan misi ke Bulan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Stephanie Wilson
Foto: space.com
Stephanie Wilson

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Astronaut NASA Stephanie Wilson siap dan bersemangat untuk masa depan eksplorasi ruang angkasa. Wilson merupakan salah satu dari 17 astronaut NASA yang memenuhi syarat untuk menjadi wanita pertama yang menginjakkan kaki di bulan pada tahun 2024 sebagai bagian dari program Artemis NASA.

Dia adalah seorang veteran dari tiga pesawat antariksa yang telah berada lebih dari 42 hari di ruang angkasa. Wilson mengaku gembira dimasukkan di antara kelompok wanita pertama yang mengikuti bagian dari program Artemis untuk melanjutkan studi di bulan dan terus turun ke permukaan di pendarat bulan.

Baca Juga

"Mudah-mudahan dapat membangun pangkalan bulan di sana di bulan dan melanjutkan perjalanan kami dari Gateway yang mengorbit laboratorium," kata Wilson dilansir di Space, Selasa (14/7).

"Gateway" mengacu pada Lunar Orbital Platform-Gateway, sebuah program NASA yang diusulkan yang akan mengorbit di sekitar bulan. Program ini memungkinkan para astronaut untuk lebih mudah melakukan perjalanan bolak-balik dari permukaan bulan.

Dia menambahkan fakta bahwa Artemis secara eksplisit memasukkan perempuan adalah bukti kemajuan yang dibuat perempuan dalam penerbangan luar angkasa manusia. Perempuan pertama kali diizinkan melamar ke korps astronaut pada 1978.

Wilson menguraikan, menyelam ke hari-hari awal karir astronot 24 tahun dan bagaimana kehidupan wanita di NASA telah berubah selama bertahun-tahun.

"Saya sangat beruntung bisa belajar teknik dan menemukan jalan ke NASA, untuk bergabung dengan kelas astronot NASA tahun 1996," kata Wilson.

Sebagai panutan bagi orang-orang muda yang ingin tumbuh dewasa dan menjadi astronot seperti dia, Wilson berbagi beberapa saran. Menurut Wilson sekarang ada banyak peluang bagi wanita dalam STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika), jadi ia mendorong para remaja perempuan untuk belajar keras.

"Jika matematika dan sains adalah minat mereka maka mereka pasti bisa menemukan jalan ke NASA untuk berkarir," kata Wilson.

Dan sejauh kualitas atau sifat untuk generasi Artemis, astronaut harus memiliki apa yang disebut NASA sebagai keterampilan ekspedisi. "Sangat mirip dengan generasi stasiun ruang angkasa, kami mencari orang yang dapat beradaptasi, yang mampu bekerja dengan baik dalam tim," kata Wilson.

Dia menambahkan bahwa para astronot harus dapat bertransisi dengan baik antara menjadi pemimpin dan pengikut dan juga membuat keputusan yang baik dengan cepat dan efisien dalam situasi darurat atau dalam situasi di mana sumber daya terbatas.

"Astronaut harus dapat memimpin diri mereka sendiri dan tim mereka menuju hasil yang sukses dan aman," katanya.

Jadi, mengapa orang ingin menjadi astronot?  Mengapa manusia sangat ingin menjelajahi kosmos?

Menurut Wilson, menjadi petualang dan penjelajah adalah sifat alami kita. Ini adalah sejarah bagaimana manusia telah mengembangkan Bumi dan sehingga secara alami berlanjut ke perbatasan ruang angkasa.

"Tapi, kita juga belajar banyak tentang diri kita sendiri, dan kita dapat membawa teknologi itu kembali ke bumi,"  jelasnya.

Dia merujuk semua penelitian yang terjadi di Stasiun Luar Angkasa Internasional di bidang termasuk ilmu fisik, ilmu material dan kedokteran.  Wilson menambahkan penelitian berbasis luar angkasa dapat sangat meningkatkan kehidupan kita serta memajukan teknologi yang kita miliki di Bumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement