Senin 13 Jul 2020 14:44 WIB

Aneka Cara Menikmati Telur di Seantero Dunia

Ada berbagai cara memasak telur selain direbus atau digoreng.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Quiche, olahan dari telur yang dicampur dengan susu dan beragam isian serta taburan.
Foto: BBC
Quiche, olahan dari telur yang dicampur dengan susu dan beragam isian serta taburan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menikmati telur tidak hanya dengan cara merebus, menggoreng, mendadar, atau membuatnya jadi telur orak-arik. Ada banyak cara menikmati telur dalam hidangan di seantero dunia, seperti dikutip dari laman Insider berikut.

- Menemen

Baca Juga

Hidangan tradisional asal Turki ini terdiri dari sajian telur, tomat, paprika, rempah-rempah, dan terkadang bawang. Sebagian orang suka menambahkan keju atau daging. Menemen biasa disantap untuk sarapan dan disajikan dengan roti.

- Shakshuka

Menu pedas ini semula berkembang di negara-negara Afrika Utara, kemudian menyebar ke Timur Tengah dengan pemakaian bumbu dan taburan berbeda. Pada dasarnya, shakshuka terbuat dari telur rebus, tomat, cabai, dan bawang bombai.

- Kwek kwek

Kwek kwek adalah kuliner street food populer Filipina, terbuat dari telur puyuh rebus, kemudian digoreng dengan adonan khusus sehingga warnanya oranye menggoda. Penganan ini biasa disajikan dengan saus cuka pedas atau saus asam manis.

- Loco moco

Asal hidangan ini masih diperdebatkan, tapi diyakini pertama dibuat di restoran Lincoln Grill, Amerika Serikat, pada 1949. Loco moco adalah sajian nasi/ketan yang ditumpuk dengan daging patty dan telur goreng di bagian atasnya.

- Omusoba

Resep asal Jepang ini termasuk menu populer. Omusoba adalah yakisoba (mie goreng dengan daging dan sayuran) yang dibungkus lagi menggunakan telur dadar empuk dengan saus tonkatsu, saus tomat, mayo, atau saus Worcestershire.

- Sup/saus telur Nigeria

Warga Nigeria biasa menyantap hidangan ini untuk sarapan, terdiri dari telur, tomat, paprika, bawang bombai, bawang putih, dan rempah-rempah. Menikmatinya bisa dengan ubi rebus, pisang raja, kentang, roti, atau terkadang nasi.

- Kari telur

Jika sedang melancong di India, perhatikan area keberadaan karena rasa menu kari telur di sana akan berbeda. Kari telur di India Utara menggunakan ghee atau krim sehingga lebih kental, dibandingkan India selatan yang memakai santan.

- Quiche

Meski banyak yang menyebutnya berasal dari Prancis, quiche sebenarnya dibuat pada abad ke-16 di Kerajaan Jerman. Quiche yang berasal dari kata "kutchen" atau keik ini terbuat dari adonan susu dan telur, dengan berbagai variasi isian serta taburan.

- Cassava egg ball

Kudapan asal negara Guyana, Amerika Selatan, ini populer sebagai street food. wajib dicoba jika bertandang ke sana. Hidangan dibuat dari telur rebus yang dibungkus dengan singkong tumbuk dan digoreng, lalu disandingkan dengan mangga atau asam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement