Senin 13 Jul 2020 04:45 WIB

Kabupaten Siak Belum Berlakukan Sekolah Tatap Muka

Sekolah diminta mempersiapkan daftar periksa protokol kesehatan.

Kabupaten Siak Belum Berlakukan Sekolah Tatap Muka (ilustrasi).
Foto: Antara/Arnas Padda
Kabupaten Siak Belum Berlakukan Sekolah Tatap Muka (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SIAK -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Riau, belum menerapkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka pada permulaan tahun ajaran baru 13 Juli 2020 dan melanjutkan proses belajar dalam jaringan.

"Proses belajar mengajar tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan dengan daring, sampai dengan dikeluarkannya ketentuan lebih lanjut," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak M Lukman di Siak, Ahad (12/7).

Menurutnya, proses pembelajaran itu akan dilakukan evaluasi terkait perkembangan penyebaran Covid-19. Paling lama satu bulan ke depan evaluasi akan dilakukan untuk mengetahui apakah ada kemungkinan proses belajar tatap muka.

Sebelumnya Bupati Siak Alfedri dalam surat edarannya tanggal 7 Juli 2020 menyampaikan belum akan melakukan proses belajar tatap muka karena saat ini secara nasional penyebaran Covid-19 belum menunjukkan penurunan yang signifikan.

"Maka proses pembelajaran tatap muka untuk semua jenjang (PAUD, SD dan SMP) ditunda sampai dengan menunggu kebijakan lebih lanjut," tulis Adfedri.

Sambil menunggu kebijakan dimaksud, sekolah diminta mempersiapkan daftar periksa protokol kesehatan sehingga benar-benar siap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Selanjutnya, Disdikbud bersama Kementerian Agama Kabupaten Siak agar memperhatikan beberapa hal. Pertama membuat panduan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19 dan panduan pembelajaran tatap muka di era normal baru.

"Mempersiapkan kebutuhan sekolah di era New Normal sekaligus melakukan monitoring dan evaluasi terkait persiapan sekolah dalam menghadapi era New Normal sehingga sekolah benar-benar siap melaksanakan pembelajaran tatap muka," tulisnya.

Hal-hal teknis lebih lanjut terkait penyelenggaraan pembelajaran di sekolah (baik tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh) akan diatur oleh instansi terkait. Saat ini nihilCovid-19 di Siak dari sebelumnya pernah ada empat pasien positif yang sudah sembuh.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement