Senin 13 Jul 2020 04:28 WIB

Selain Senyum, Hal Ini Juga Diganjar Sedekah

Islam menganjurkan umatnya selalu bersikap baik dan beradab.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Selain Senyum, Hal Juga Diganjar Sedekah
Foto: Republika/Prayogi
Selain Senyum, Hal Juga Diganjar Sedekah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Senyuman dikenal sebagai sebuah sedekah. Sedekah sendiri merupakan amalan, dan ternyata selain senyuman juga terdapat nilai sedekah lainnya yang mudah dilakukan.

Ibnu Hibban dalam Shahih-nya menyebutkan tentang hadis mengenai senyuman. Rasulullah SAW bersabda: “Tabassumuka fi wajhi akhika laka shadaqatun,”. Yang artinya: “Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah (bagimu),”. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi.

Baca Juga

Untuk itulah, berwajah masam tidak dianjurkan dalam agama. Sebab Islam menganjurkan umatnya selalu bersikap baik dan beradab, salah satunya melalui senyuman yang diganjar sebagai sebuah sedekah.

Dalam kitab Mukhtashar Shahih Al-Bukhari karya Nashiruddin Al-Albani pun disebutkan tentang hadits sedekah lainnya. Haditsnya berbunyi: “An Jabir ibni Abdillahi radhiyallahu anhuma ani Nabiyyi SAW qala: kullu ma’rufin shadaqatun,”. Yang artinya: “An Jabir bin Abdullah bahwa Nabi SAW bersabda: setiap kebaikan adalah sedekah,”.

 

Untuk itulah, alangkah baiknya bagi umat Muslim untuk terus menunaikan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih nilai kebaikan itu ternyata diganjar sebagai pahala nilai sedekah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement