Ahad 12 Jul 2020 16:13 WIB

Positif Covid Tambah 1.681, Sebagian Besar tanpa Gejala

Jawa Timur jadi provinsi dengan kasus baru terbanyak 518 orang.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Teguh Firmansyah
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah merilis ada penambahan 1.681 kasus konfirmasi positif Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Dari angka tersebut, Jawa Timur menjadi provinsi dengan kasus baru terbanyak yakni 518 orang.

Kemudian menyusul DKI Jakarta dengan 404 kasus, Sulawesi Selatan dengan 173 kasus, Kalimantan Selatan dengan 77 kasus, Papua dengan 63 kasus, dan Jawa Barat dengan 50 kasus. Dengan tambahan hari ini, maka jumlah konfirmasi kasus positif di Tanah Air mencapai 75.699 orang.

Baca Juga

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebutkan, sebagian besar kasus baru yang terkonfirmasi hari ini adalah orang tanpa gejala. Karenanya, sebagian besar pasien tidak memerlukan perawatan dan isolasi di rumah sakit.

"Mereka dengan keluhan sakit ringan bahkan banyak yang merasa tidak sakit, tidak ada keluhan sama sekali," ujar Yurianto dalam keterangan pers, Ahad (12/7).

Pasien positif yang tidak menunjukkan gejala ini kemudian diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Isolasi tentu harus dilakukan secara ketat dan taat. Apabila tidak, maka pasien positif yang abai ini akan menjadi sumber penularan bagi orang-orang di sekitarnya.

"Ini yang kita lihat bahwa beban layanan rumah sakit tidak meningkat meski kasus baru ditemukan lebih banyak," kata Yurianto.

Pemerintah juga merilis ada 17 provinsi di Indonesia yang melaporkan penambahan kasus harian di bawah 10 orang. Bahkan 5 provinsi di antaranya mencatatkan nol kasus baru pada hari ini, yakni Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan NTT.

Jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh juga terus meningkat. Tercatat ada 919 pasien sembuh pada hari ini, sehingga angka kumulatif pasien sembuh dari Covid-19 mencapai 35.638 orang.

Sementara itu ada tambahan 71 pasien yang meninggal dengan status positif Covid-19 selama 24 jam terakhir, sehingga jumlahnya mencapai 3.606 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement