Senin 13 Jul 2020 05:01 WIB

Hindari Eksfoliasi Berlebih, Ini 3 Bahan Alami untuk Scrub

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit berlebihan dapat menyebabkan iritasi

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nur Aini
Eksfoliasi kulit berlebihan dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi
Foto: www.freepik.com
Eksfoliasi kulit berlebihan dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit adalah bagian yang sangat penting dari tubuh baik dari segi perannya sebagai organ indera, maupun dalam penampilan. Karenanya, merawat kulit penting dan harus dilakukan secara teratur. 

Membersihkan, eksfoliasi, dan memberi nutrisi pada kulit dari luar dan dalam sama pentingnya. Terlepas dari diet sehat dan olahraga teratur, pengelupasan (eksfoliasi) kulit diperlukan untuk menjaga kulit dari penumpukan kulit mati dan mencerahkan kulit.

Baca Juga

Namun, beberapa orang mengeksfoliasi wajah mereka secara berlebihan. Frekuensi penggosokan dan produk scrub yang tidak tepat dengan kebutuhan wajah juga dapat menyebabkan pengelupasan berlebih.

Dennis Gross, seorang ahli dermatologi kosmetik di New York tidak merekomendasikan produk exfoliator atau scrub yang terlalu keras, terutama yang mengandung aprikot. Penggunaannya juga jangan terlalu banyak dan aplikasikan secara lembut pada wajah untuk mengangkat sel mati.

"Tanda-tanda bahwa Anda terlalu banyak menggunakan exfoliator yaitu kulit kering, iritasi, kemerahan, dan sensitivitas yang berlebihan. Jika Anda melihat tanda-tanda ini terjadi pada kulit, penting untuk segera berhenti menggunakan produk," kata Gross.

Nah kini, Anda juga bisa membuat scrub di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami dan murah meriah. Berikut 3 bahan yang bisa digunakan untuk scrub seperti dilansir Times Now News, Ahad (12/7).

1. Tepung gram

Tepung gram atau besan sejak lama sudah digunakan sebagai exfoliator. Butiran kecil pada tepung yang berasal dari India itu membantu menyumbat pori-pori, dan membersihkan kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran.

2. Biji rami

Biji rami adalah bahan yang sangat sehat untuk dikonsumsi kala diet dan juga bisa berfungsi sebagai scrub yang bagus untuk kulit. Menggilingnya menjadi bubuk kasar dapat membantu membersihkan kulit dengan lebih baik.

3. Kopi 

Kopi tidak hanya membantu mentransfer energi bagi tubuh, tetapi juga energi bagi kulit dengan menghilangkan kotoran. Anda bisa menggunakan bubuk kopi untuk dijadikan scrub wajah dan leher.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement