Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Apple: Jangan Menutup Laptop dengan Penutup Kamera Terpasang

Sabtu 11 Jul 2020 10:12 WIB

Rep: Noer Qomariah/ Red: Muhammad Hafil

Apple: Jangan Menutup Laptop dengan Penutup Kamera Terpasang. Foto: Warga melewati toko Apple di Arlington, Virginia, Amerika Serikat.

Apple: Jangan Menutup Laptop dengan Penutup Kamera Terpasang. Foto: Warga melewati toko Apple di Arlington, Virginia, Amerika Serikat.

Foto: EPA
Apple menerbitkan halaman untuk pemilik Macbook.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA--Meskipun saran ini mengejutkan bagi beberapa orang, tetapi Apple telah menerbitkan halaman dukungan yang memperingatkan pemilik MacBook untuk tidak menutup laptop mereka dengan penutup kamera. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan, seperti display yang retak.

MacRumors mengatakan, penyebab kerusakan, menurut perusahaan, karena jarak antara layar dan keyboard dirancang untuk toleransi yang sangat dekat. Alih-alih menggunakan penutup, Apple mengatakan pelanggan dapat mempercayai LED hijau di samping kamera pada MacBook Pro atau MacBook Air yang menyala setiap kali kamera aktif.

“Kamera dirancang sedemikian rupa sehingga tidak dapat diaktifkan tanpa lampu indikator kamera yang juga menyala,” begitu yang tertulis di dokumen dukungan Apple, seperti yang dilansir dari The Verge, Sabtu (11/7).

Apple mengakui beberapa orang tidak punya pilihan dalam masalah ini dan mungkin diminta untuk menggunakan penutup kamera. Dalam kasus tersebut, perusahaan mengatakan penutup harus selalu dilepas sebelum menutup laptop.

Seperti yang dicatat oleh MacRumors, ada beberapa kasus layar MacBook Pro pecah, bahkan ketika tekanan ringan diterapkan ke laptop dengan penutup kamera yang terpasang. Di Reddit ada orang yang memecahkan MacBook Pro 16 inci baru miliknya.

Plester mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih aman dibanding penutup kamera berbahan plastik keras, jika pengguna tidak sepenuhnya mempercayai LED. Namun, Apple memperingatkan untuk tidak menggunakan apa pun yang lebih tebal dari rata-rata selembar kertas printer (0,1 mm) dan juga mencegah penutup kamera yang meninggalkan residu perekat.

Pengguna juga dapat memeriksa aplikasi mana yang memiliki akses kamera pengguna dengan masuk ke preferensi sistem dan memilih keamanan serta privasi. Di bagian kamera, pengguna bisa mencabut izin kamera untuk aplikasi apa pun.

https://www.theverge.com/2020/7/10/21320321/apple-camera-cover-macbook-pro-air-warning

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA