Sabtu 11 Jul 2020 12:34 WIB

Ilmuwan Ungkap Zat Misterius yang Ditemukan di Bulan

Zat yang diduga baru itu ternyata adalah batu yang meleleh.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Rover China Yutu-2 berada di permukaan bulan selama 341 hari berturut-turut.
Foto: cnsa via universe today
Rover China Yutu-2 berada di permukaan bulan selama 341 hari berturut-turut.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pada Januari 2019, China mendaratkan misi Chang'e di sisi jauh Bulan. Penjelajah Yutu-2 sibuk menjelajahi sekitarnya. Dalam penjelajah itu, ilmuwan mengira robot penjelajah Yutu-2 menemukan zat baru yang berbentuk 'seperti gel'

Di antara temuan misi adalah bahan aneh yang digambarkan berbentuk 'seperti gel.' Namun analisis bahan telah mengungkapkan bahwa benda seperti gel itu hanyalah batu, yaitu dampak meleleh breksi.

Baca Juga

Dilansir di Universe Today, Jumat (10/7) dijelaskan, penjelajah Yutu-2 bergerak melintasi lantai kawah Von Karman, yang berada di dalam cekungan Kutub Selatan Aitken yang luas. Di dalam kawah yang jauh lebih kecil, Yutu-2 melihat material hijau yang berkilau.

Konteks penemuan itu penting. Robot penjelajah berada di sisi jauh Bulan, tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Mungkinkah China menemukan sesuatu yang baru di sana? Sesuatu yang tidak ada di sisi dekat?  Bagaimanapun, sisi dekat dan jauh Bulan sangat berbeda satu sama lain.

Robot penjelajah ini menggunakan analisis spektral untuk menganalisis kimia dari hal-hal yang mereka temukan. Yutu-2 memiliki spektrometer, Spektrometer Pencitraan Yang Terlihat dan Hampir-Inframerah (VNIS).

Tetapi masalahnya adalah bahwa menafsirkan spektrometri dengan benar juga bergantung pada mengetahui latar belakang spektrometri area instrumen. Karena belum pernah ada yang menjelajah daerah itu tidak ada informasi latar belakang.

"Kami tidak memiliki sampel dari wilayah ini yang akan membantu menginformasikan parameter model.  Untuk alasan ini, hasil komposisi regolith tepat yang disajikan dalam makalah ini mungkin tidak sepenuhnya akurat," kata Dan Moriarty dari NASA.

Tetapi makalah baru menyajikan hasil analisis ilmiah yang ketat. Penulis utama adalah Sheng Gou, dari Laboratorium Ilmu Penginderaan Jauh, Lembaga Penelitian Informasi Aerospace, Akademi Ilmu Pengetahuan China. Makalah ini diterbitkan dalam jurnal Earth and Planetary Science Letters.

Dalam makalah, penulis mencatat bahwa pengukuran spektrometri dilakukan dalam kondisi yang sulit, dengan pencahayaan yang buruk. Tetapi mereka masih mengatakan bahwa substansi 'seperti-gel' sebenarnya adalah dampak sederhana breksi meleleh. Mereka juga mengatakan bahwa itu menyerupai batuan Bulan yang dibawa kembali oleh misi Apollo.

Setelah menganalisis batu, dan daerah sekitarnya, para peneliti berpikir mereka memiliki penjelasan yang paling cocok untuk batu itu sendiri.

Batuan 'seperti gel' berada di dalam kawah kecil, yang berada di dalam kawah besar, yang berada di dalam kawah sangat besar. Kawah sangat besar ini adalah cekungan Kutub Selatan Aitken, yang akan menciptakan kolam lelehan besar pada saat tumbukan.  Lokasi sampel tepat di tepi kolam lelehan.

Menurut para peneliti, batu itu kemungkinan merupakan campuran dari kolam meleleh yang berbeda atau dari kumpulan batuan beku, yang dihasilkan dari dampak kawah di dekatnya.

Mereka mengatakan batu itu dibentuk oleh pengelasan yang dihasilkan dampak, penyemenan dan penggumpalan regolith bulan dan breksi.

Ketika Yutu-2 menemukan batu aneh, para ilmuwan bingung. Tim yang mengemudikan robot penjelajah ini bahkan menghentikan aktivitas mengemudi yang normal. Penemuan itu sempat menjadi berita utama di seluruh dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement