Jumat 10 Jul 2020 18:46 WIB

Kemensos Hadir Salurkan 2.500 Paket Sembako di Kota Cirebon

Sembako Kemensos Hadir ditujukan ke masyarakat terdampak Covid-19 yang tak masuk DTKS

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Sosial, Grace Batubara, menyalurkan bantuan paket sembako Kemensos Hadir di Kota Cirebon, Jumat (10/7).
Foto: Dok Humas Kemensos
Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Sosial, Grace Batubara, menyalurkan bantuan paket sembako Kemensos Hadir di Kota Cirebon, Jumat (10/7).

REPUBLIKA.CO.ID,  CIREBON – ‘Kemensos Hadir’ kembali menyalurkan paket sembako kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19. Kali ini, bantuan disalurkan di Kota Cirebon, Jumat (10/7).

Penyaluran bantuan ‘Kemensos Hadir’ itu dilakukan oleh Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Sosial, Grace Batubara. Adapun paket sembako yang disalurkan mencapai 2.500 paket.

Dari paket sembako yang disalurkan itu, terdiri dari 1.000 paket disalurkan melalui Dinas Sosial Kota Cirebon, 500 paket untuk kampung nelayan di Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan dan 1.000 paket untuk lima kecamatan di Kota Cirebon yakni Kecamatan Harjamukti, Kesambi, Pekalipan, Lemahwungku, dan Kejaksan.

photo
Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Sosial, Grace Batubara, menyalurkan bantuan paket sembako Kemensos Hadir di Kota Cirebon, Jumat (10/7). - (Dok Humas Kemensos)

"Sesuai arahan Menteri Sosial, bahwa sembako Kemensos Hadir itu kami salurkan agar semua lapisan masyarakat yang belum tersentuh bantuan dapat terbantu," kata Grace, saat menyerahkan 1.000 paket sembako di Balai Kota Cirebon, Jumat (10/7).

Kementerian Sosial melalui Direktorat Pemberdayaan Sosial menyalurkan bantuan sembako Kemensos Hadir yang ditujukan kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang tidak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), serta belum pernah mendapat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Sosial Non Tunai (BPNT)/Program Sembako.

Grace, yang juga mewakili OASE Kabinet Indonesia Maju, mengatakan, meski memasuki masa kenormalan baru, namun masih banyak warga yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Seperti, kehilangan pekerjaan dan penghasilan. Untuk itu, Kemensos hadir membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

"Kami hari ini memberikan bantuan paket sembako 'Kemensos Hadir' untuk Kota Cirebon. Mudah-mudahan diterima dengan baik dan segera bisa dibagikan kepada warga yang membutuhkan," tutur Grace.

Dalam kesempatan itu, Grace juga berpesan masyarakat melaksanakan protokol pencegahan Covid-19. Yakni, memakai masker, rajin cuci tangan, dan menghindari kerumuman dengan jaga jarak fisik.

"Saya mendapatkan informasi bahwa Kota Cirebon sempat jadi zona hijau dan kini kembali jadi zona kuning. Mudah-mudahan Kota Cirebon bisa kembali ke zona hijau dan semuanya bisa kembali pulih seperti sedia kala," ucap Grace.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis, mengatakan bahwa di masa Adaptasi Kebiasaan baru (AKB), bantuan sembako sangat dibutuhkan warganya. "Terima kasih kepada Kementerian Sosial. Bantuan ini akan meringankan beban masyarakat di Kota Cirebon," ujar Azis.

Sementara itu, salah seorang warga Kota Cirebon yang menerima bantuan, Junaedi (69 tahun), mengaku, terbantu dengan adanya bantuan paket sembako dari Kemensos tersebut. :Terima kasih kepada Kemensos telah memberikan saya bantuan. Sejak pandemi penghasilan saya berkurang. Tapi Alhamdulillah saya sehat," tandas warga yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan dan pekerja lepas tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement