Jumat 10 Jul 2020 14:57 WIB

Fitur-Fitur Pembaruan yang Ada di iPad OS 14

iPad OS 14 baru didasarkan pada iOS 14 dengan beberapa fitur tambahan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
iPad
Foto: APMarcio Jose Sanchez)
iPad

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Apple akhirnya mengumumkan iPadOS 14. Pengguna sekarang tahu bagaimana iPad akan berubah.

Pembaruan sistem operasi tablet baru ini didasarkan pada iOS 14, tetapi dengan beberapa fitur tambahan yang dapat mengubah cara pengguna menggunakan iPadnya.

Baca Juga

Belum ada informasi kapan iPadOS14 akan turun. Versi beta pengembang iPadOS 14 dirilis selama WWDC 2020, diikuti dengan versi beta publik pada 9 Juli.

Versi beta akan menjadi versi awal dari pembaruan untuk publik dan pengguna dapat mengunduh untuk mencobanya.

Seperti yang dilansir dari TechRadar, Jumat (10/7), Apple telah secara resmi meluncurkan daftar kompatibilitas iPadOS 14 yang mencakup semua perangkat yang bisa mendapatkan iPadOS asli, ditambah iPad baru yang dirilis.

Perangkat itu antara lain iPad Pro 12,9 (2020), iPad Pro 11 (2020), iPad Pro 12.9 (2018), iPad Pro 12.9 (2017), iPad Pro 12.9 (2015), iPad Pro 11 (2018), iPad Pro 10.5 (2017), iPad Pro 9.7 (2016), iPad Air (2019), iPad Air 2, iPad (10.2), iPad (2018, iPad (2017), iPad Mini (2019), dan iPad Mini 4.

Berikut ini merupakan fitur-fitur yang telah dikonfirmasi oleh Apple akan ada di iPadOS 14, di antaranya.

Pertama, iPadOS sidebar. Fitur baru pertama Apple yang disebutkan adalah sidebar untuk meningkatkan navigasi, dengan cara yang sama seperti macOS memiliki sidebar di sisi Finder windows yang menampilkan semua menu yang tersedia.

Kedua, widget iPadOS 14. Widget memungkinkan pengguna membawa snapshot kecil dar fungsionalitas aplikasi ke layar beranda. Di iPadOS13, pengguna bisa melihatnya di samping layar beranda, namun tidak bisa memindahkannya ke layar yang berbeda. Sekarang dengan iPadOS 14, pengguna bisa melakukan itu.

Widget yang tidak ditetapkan untuk beranda, masih akan tetap berada di sidebar pada halaman pertama. Fitur baru bernama Smart Stacks dapat secara otomatis membuka. Menurut Apple, fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna.

Ketiga, iPadOS 14 Siri. Siri mendapatkan perombakan dengan iPadOS 14, yang mencakup pembelajaran mesin yang lebih cerdas untuk hasil yang lebih baik. Ada pula notifikasi ringkas untuk penggilan masuk, serta bukan pengambilalihan total layar.

Fitur lain yang akan didaftarkan adalah terjemahan otomatis di Safari. Jadi jika halaman web tidak dalam bahasa pengguna, mereka dapat dengan mudah menerjemahkannya ke bahasa ibu mereka.

Keempat , iPadOS 14 Apple Pencil. Fitur besar Apple pencil  yang datang ke iPadOS adalah sistem operasi akan mengubah catatan tulisan tangan dan coretan pengguna menjadi teks aktual.

Ini dapat dimasukkan ke dalam dokumen atau digunakan dalam email. Fitur akan berguna bagi orang-orang yang lebih suka menulis dengan tangan di atas ketikan pada keybord (atau orang-orang yang tidak memiliki keyboard untuk iPad mereka).

Kelima, iPadOS 14 low power mode. iPhone memiliki mode baterai rendah untuk sementara waktu sekarang. Fitur ini mengurangi fungsi aplikasi latar belakang, membatalkan Siri dan mengurangi beberapa efek visual. Sekarang iPadOS 14 membawa fungsi tersebut ke iPad.

Menurut 9to5Mac, mode baterai rendah iPadOS 14 sebenarnya tidak menghentikan Siri seperti pada iPhone dan itu mengubah beberapa pengaturan lainnya. Mungkin versi iPadOS 14 yang lebih baru akan mengalami perubahan pada mode ini sebelum rilis publik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement